detikNews
2019/09/09 17:41:58 WIB

Puluhan Dosen Unhas Makassar juga Tolak Revisi UU KPK

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Halaman 1 dari 2
Puluhan Dosen Unhas Makassar juga Tolak Revisi UU KPK Foto: Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. (Taufik-detikcom)
Makassar - Penolakan atas revisi Undang-Undang KPK (RUU KPK) terus berlanjut di kalangan akademisi. Kali ini, puluhan dosen Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Setalan, menandatangani petisi penolakan RUU KPK tersebut.

"Bahwa revisi UU KPK adalah upaya terencana dan sistematis untuk melemahkan KPK sebagai lembaga harapan publik dalam rangka memburu perilaku korupsi yang telah menggurita di tengah-tengah masyarakat," kata Ketua Pusat Kajian Antikorupsi (Pankas) Universitas Hasanuddin, Muhammad Hasrul di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (9/9/2019).


Hasrul mengatakan keberadaan Dewan Pengawas sebagaimana dalam Pasal 37 (a) dan pasal 37 (b) dengan kewenangan yang sangat besar, menyebabkan dapat dikebirinya kewenangan pimpinan KPK dalam pemberantasan korupsi.

Tidak hanya itu, kewenangan Dewan Pengawas terutama dalam kaitannya dengan izin penyadapan yang akan dilakukan oleh pimpinan KPK juga dianggap tidak jelas.

"Juga syarat-syarat dewan pengawas yang tidak dirinci di dalam undang-undang ini menyebabkan masa depan pemberantasan korupsi di ujung tanduk," tegasnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com