Seputar Hari Olahraga Nasional yang Diperingati Tiap 9 September

Puti Yasmin - detikNews
Senin, 09 Sep 2019 15:31 WIB
Seputar Hari Olahraga Nasional yang Diperingati Tiap 9 September/Foto: Rengga Sancaya
Seputar Hari Olahraga Nasional yang Diperingati Tiap 9 September/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September atau hari ini. Nah, apa saja sih fakta menarik dari perayaan Hari Olahraga Nasional? Yuk simak.

Hari Olahraga Nasional 2019 kali ini diperingati dengan perayaan Haornas di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Perayaan ini diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.



Berikut fakta-fakta perayaan Hari Olahraga Nasional yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Perayaan di Banjarmasin

Hari Olahraga Nasional ke-36 ini diperingati dengan perayaan yang digelar di Sungai Siring Menara Pandang, kota Banjarmasin. Perayaan berlangsung ramai dan meriah.

2. Rekor MURI

Untuk menambah meriah perayaan Hari Olahraga Nasional, diadakan juga pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) peserta terbanyak gerakan karate. Tercatat, ada 5.500 karateka yang mengikuti kegiatan.

3. Disaksikan Ribuan Orang

Perayaan yang mengambil tema 'Ayo Olahraga Di Mana Kapan Saja' ini berlangsung meriah. Bahkan, puncak acara yang berlangsung Minggu (8/0/2019) itu disaksikan hingga ribuan orang.



4. Parade Perayaan Air

Berbagai atraksi olahraga air juga ikut menyemarakkan acara perayaan Hari Olahraga Nasional. Mulai dari jetski, flyboard, hingga perahu jukung memeriahkan acara.

5. Penghargaan

Perayaan Hari Olahraga Nasional juga menjadi kesempatan Kemenpora membagikan penghargaan kepada 91 pelaku olahraga. Pelaku olahraga itu mulai dari cabang tenis, menembak, hingga e-sport. (pay/nwy)