detikNews
Senin 09 September 2019, 15:01 WIB

Wiranto Sebut Mahasiswa Papua Ramai-ramai Eksodus, Kini Akan Kembali ke Asrama

Matius Alfons - detikNews
Wiranto Sebut Mahasiswa Papua Ramai-ramai Eksodus, Kini Akan Kembali ke Asrama Wiranto (Foto: Ari Saputra)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Menko Polhukam, Wiranto, menyebut mahasiswa Papua dan Papua Barat yang sedang belajar di luar Papua ramai-ramai eksodus 'pulang kampung'. Mereka pun akan dikembalikan ke daerah tempat kuliah masing-masing.

"Para pelajar, mahasiswa yang eksodus dari daerah kembali ke Papua, telah dilakukan komunikasi dengan para orang tua. Intinya mereka kembali ke Papua dan Papua Barat dengan biaya yang diberi dari orang tua mereka," kata Wiranto saat membuka rapat koordinasi di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019).



Wiranto menjelaskan mahasiswa Papua itu ramai-ramai eksodus lantaran orang tua mendengar isu adanya tekanan kepada anak-anak mereka. Namun, Wiranto memastikan isu itu tidak benar dan para pelajar berencana kembali ke tempat belajar.

"Tapi setelah disampaikan fakta-faktanya mereka menyesal kembali ke Papua, Papua Barat, isu itu tidak benar, namanya isu, mengelabui jalan pikiran mereka, mereka ingin kembali sekarang ke sekolah, asrama tempat mereka belajar sebelum ditarik," sebutnya.

Wiranto Sebut Mahasiswa Papua Ramai-ramai Eksodus, Kini Akan Kembali ke AsramaFoto: Wiranto pimpin rapat koordinasi soal Papua (Alfons/detikcom)



Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, akan menyiapkan pesawat Hercules untuk membawa para mahasiswa itu kembali ke kampus dan asrama. Wiranto meyakinkan tidak akan ada tekanan kepada para mahasiswa itu.

"Atas prakarsa Panglima TNI disiapkan angkutan Hercules untuk bisa angkut mereka kembali ke tempat mereka belajar dengan jaminan bahwa di tempat mereka belajar tidak akan ada tekanan apa apa, tidak ada masyarakat yang kemudian ganggu mereka, atau menempatkan mereka sebagai orang lain, sama sekali tidak, akan dijamin para pejabat di mana mereka belajar," ungkap Wiranto.


Upacara bakar batu di Sentani, Papua, Kamis (5/9/2019) / Upacara bakar batu di Sentani, Papua, Kamis (5/9/2019) / Foto: Matius Alfons-detikcom


Soal kondisi di Papua, Wiranto memastikan situasi sudah kondusif. Meski demikian, masih ada provokasi yang dilakukan oleh berbagai kelompok.

"Masih ada provokasi, masih ada selebaran selebaran juga untuk mendorong masyarakat menghasut masyarakat melaksanakan unjuk rasa susulan, dan ini sudah kita monitor kita sudah tahu betul siapa siapa pelakunya," ungkapnya.
(maa/imk)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com