Pansel KPK Jelaskan soal 2 Petahana yang Tak Lolos Seleksi Capim

Tsarina Maharani - detikNews
Senin, 09 Sep 2019 14:40 WIB
Foto: Rapat Komisi III DPR RI. (Tsarina Maharani/detikcom).
Jakarta - Anggota Pansel Capim KPK Hamdi Muluk menjelaskan soal dua pertahana pimpinan KPK yang tidak lolos seleksi untuk periode 2019-2023. Dua petahana pimpinan KPK yang ikut seleksi tetapi tidak lolos adalah Basaria Pandjaitan dan Laode M Syarif.

Laode tidak lolos dalam tahap profile assessment. Sementara itu, Basaria tidak lolos tes psikologis.

"Pertanyaan kenapa dulu ada dua yang lulus, sekarang tidak lulus. Tes psikologi itu tidak ada persoalan dengan waktu dan tidak ada jaminan pada waktu yang sama hasilnya akan sama. Mungkin karena orang kan kapasitas bisa nurun," kata Hamdi dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2019).




Menurut Hamdi ada banyak faktor yang jadi penyebab Laode dan Basaria tidak lolos lagi seleksi capim KPK. Ia mengatakan saat ini pesaing yang dihadapi Laode dan Basaria pun berbeda.

"Yang lebih penting memahaminya adalah pesaingnya kan dengan yang dulu beda. Nah, sementara logika tes adalah kita mencari orang terbaik. Jadi dari 100 yang tes, kita memerlukan 40 terbaik. Mungkin dulu dia masuk dalam 40 dengan kompetitor yang lebih lemah. Nah sekarang kompetitornya kan beda. Jadi yang kita pahami tes hari ini," tuturnya.

Dia menegaskan Pansel KPK bersikap objektif dan independen dalam proses seleksi.

"Kami hanya taat pada nilai dan skor itu. Kami urutkan, kami butuh 40 orang terbaik, ya kami potong. Siapa pun di bawahnya ya selesai," kata Hamdi.




Terima 10 Nama Capim KPK, Jokowi Siap Koreksi Pansel:

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/dhn)