detikNews
2019/09/09 12:39:01 WIB

Tampung Duit Rp 1 Miliar, Dua Pembajak Email di Bali Ditangkap

Aditya Mardiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tampung Duit Rp 1 Miliar, Dua Pembajak Email di Bali Ditangkap Sofani (34) dan Ricardus (30) ditangkap polisi terkait kasus pembajakan email seorang notaris. Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom
Denpasar - Sofani (34) dan Ricardus (30) ditangkap polisi terkait kasus pembajakan email seorang notaris. Akibat pembajakan email itu, uang senilai Rp 1,3 miliar untuk transaksi tanah raib.

Pelapor kasus ini merupakan Kristoff, warga negara Kanada. Dia berencana membeli sebidang tanah dan berkomunikasi dengan notaris di Bandung melalui email tentang kesepakatan perjanjian pembelian tanah.

"Kasus hijacking email ini ada transaksi pembelian tanah pada notaris, ditransfer Rp 1,3 miliar, kemudian sekitar Rp 340 juta sudah ditransfer ke notaris. Selanjutnya (sisanya) ditransfer tapi dari notaris tidak menerima atau pemberitahuan emailnya. Email yang diberitahu pentransfer bahwasanya alamat rekeningnya berubah, emailnya menjadi hijacking dan sudah berhasil kami amankan," kata Dirkrimsus Polda Bali Kombes Yuliar Kus Nugroho saat jumpa pers di kantornya, Jl WR Supratman, Denpasar, Bali, Senin (9/9/2019).

Dari penelusuran polisi diketahui penerima duit transfer itu dikirim ke rekening Sofani. Duit senilai Rp 1 miliar itupun rupanya ditransfer lagi ke rekening lain milik Ricardus.

"Dari dua pelaku ini mereka merupakan rekening penampung, apakah hijacking sendiri atau ada yang lain sementara belum ada pengakuan," terang Yuliar.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com