detikNews
Senin 09 September 2019, 07:26 WIB

Warga Mengeluh Ukuran Rambu Ganjil Genap, Dishub DKI: Kita Perbesar

Zunita Putri - detikNews
Warga Mengeluh Ukuran Rambu Ganjil Genap, Dishub DKI: Kita Perbesar Foto: Rambu ganjil genap di Matraman (Farih/detikcom)
Jakarta - Sejumlah warga mengeluhkan ukuran rambu ganjil genap yang disebar di sejumlah ruas. Dinas Perhubungan DKI menyebut akan memasang rambu yang berukurannya lebih besar.

"Oke nanti kita perbesar ya, oke. Ya kita sesuaikan plangnya, jadi saya baru dapat kabar kalau ini kurang besar, nanti segera kita sesuaikan," ujar Kadishub DKI, Syafrin Liputo, saat dihubungi, Minggu (8/9/2019) malam.



Syafrin mengatakan pihaknya akan memperbesar ukuran huruf dari plang ganjil genap. Saat ini, kata Syafrin, rambu ganjil genap telah dipasang di 25 ruas yang terkena perluasan.

Selain itu, dia juga mengatakan akan memasang rambu-rambu ganjil genap di gang yang kerap dimasuki oleh mobil di dekat 25 ruas jalan yang terkena ganjil genap. Menurut Syafrin, pihaknya juga telah memasang rambu di gang sekitar Fatmawati, Jakarta Selatan yang sering menjadi akses keluar masuk kendaraan mobil.

"Sebenarnya, seluruh rambu sudah dipasang sesuai akses masuk yang di koridor utama. Jadi sudah terpasang semua, tinggal kita inventarisir, biasanya kalau gang itu hanya untuk motor tidak kita pasang rambu, kalau untuk gang mobil seperti contoh di Fatmawati, itu sudah kita pasang, bahkan ada petugas yang akan bertugas di sana untuk memantau," katanya.



Sebelumnya, sejumlah warga menyampaikan kritik terkait rambu ganjil genap yang dipasang Dishub. Warga menyebut rambu yang dipasang kurang begitu besar.

Salah satu pengemudi mobil pribadi, Ujang (43), mengatakan ukuran rambu kurang begitu besar. Dia menyebut pengemudi mobil akan kesulitan mengetahui rambu tersebut.

"Sebetulnya bagus pemasangannya di perempatan, pengendara dari arah mana pun bisa melihat. Tapi ukurannya kurang begitu besar ya, kalau cuma sepintas mungkin nggak akan tahu," ujar Ujang di Jalan Salemba, Jakarta Pusat.



Senada dengan Ujang, sopir taksi online Rafi Abdullah (39) mengatakan ukuran rambu tidak mudah terlihat. Dia juga meminta semua rambu sudah terpasang.

"(Ukuran) tergantung ya, kalau posisinya kita lagi jalan paling dekat sama tempat pemasangan rambu itu ya pasti jelas. Tapi kalau jauh ya nggak juga," kata Rafi.


(zap/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com