ADVERTISEMENT

15 Tahun Kasus Munir, Keluarga Kembali Cari Ruang Ajukan Upaya Hukum

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 07 Sep 2019 16:29 WIB
Istri Munir, Suciwati (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Sudah 15 tahun kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib berlalu, namun belum ada titik terang. Keluarga Munir akan kembali mengajukan upaya hukum.

"Kami hari ini mulai lagi untuk mencari ruang celah untuk kami majukan lagi, apalagi strategi yang harus kami lakukan di ruang-ruang hukum," ujar Istri Munir, Suciwati, dalam acara peringatan 15 tahun meninggalnya pejuang HAM 'Membongkar Pemufakatan Jahat Pembunuhan Berencana Terhadap Munir' di Kios Ojo Keos, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (7/9/2019).

Dalam acara peringatan 15 tahun meninggalnya Munir ini, Suci datang bersama anaknya. Selain itu, disebutkan, dalam acara ini akan dibacakan isi dokumen Tim Pencari Fakta (TPF) Munir yang telah beredar di media sosial.


Suci mengatakan kasus pembunuhan Munir sebenarnya terang benderang. Namun dia menilai tidak ada kemauan dari pemerintah untuk membongkar. "Kasus ini kan sangat terbuka, terang benderang, tapi kan kami tahu bahwa sejak awal unwilling, kemauan pemerintah tidak ada untuk membongkarnya. Awalnya, kami optimis lah, ternyata nggak ada juga," kata Suci.

Suci mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan tim hukum untuk menyiapkan langkah hukum yang akan diambil. Terlebih Suci menilai, hal ini bisa dilakukan terkait terdakwa kasus pembunuhan Munir, Muchdi Purwoprandjono.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT