Gerindra Sebut Esemka Mirip Produk China, Golkar: Bisanya Nyinyir dan Sinis

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 07 Sep 2019 12:04 WIB
Ace Hasan Syadzily (Foto: Tsarina/detikcom)


Ace juga menjelaskan, Esemka sendiri sudah bekerja sama dengan lebih dari 30 industri otomotif lokal. Menurutnya, sebagai perusahaan rintisan infustri otomotif langkah-langkah yang dilakukan Esemka haruslah diapresiasi.

"PT SMK telah bekerja sama dengan lebih dari 30 industri penyedia komponen otomotif lokal dan sudah melakukan persiapan untuk produksi massal. Selain itu, saat ini tenaga kerja yang sudah bekerja sebanyak 300 orang. Saat ini, komponen dalam negeri (TKDN) sudah lebih dari 60 persen. Untuk sebuah rintisan industri otomotif, ini merupakan langkah yang luar biasa. Langkah ini pasti akan memberikan efek ekonomi ganda bagi perekonomian kita," jelasnya.


Sebelumnya, Politikus Gerindra Andre Rosiade mempertanyakan mobil Esemka yang baru saja diluncurkan kemarin. Menurut Andre, mobil tersebut mirip dengan mobil produk asal China.

"Mohon maaf, Pak Jokowi. Saya mau tanya, kok mobil Esemka yang pabriknya diresmikan kemarin mirip dengan mobil produk China alias Tiongkok?" kata Andre kepada wartawan, Sabtu (7/9/2019).

Andre pun ragu mobil tersebut asli produksi dalam negeri. Dia kemudian mempertanyakan apakah mobil-mobil Esemka tersebut buatan anak bangsa.

"Apakah ini produksi dalam negeri atau merakit mobil dari Tiongkok tapi dikasih merek Esemka? Mohon pencerahannya, Pak Jokowi," ujarnya.
Halaman

(mae/hri)