Gerindra Sebut Esemka Mirip Produk China, Golkar: Bisanya Nyinyir dan Sinis

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 07 Sep 2019 12:04 WIB
Ace Hasan Syadzily (Foto: Tsarina/detikcom)
Jakarta - Partai Golkar heran dengan sikap elite Gerindra yang mempertanyakan mobil Esemka. Menurut Golkar, seharusnya peluncuran mobil produk dalam negeri disambut dengan baik, bukan sebaliknya.

"Mereka ini maunya apa sih? Presiden Jokowi memenuhi harapan rakyat untuk mendorong mobil berbasis pada industri dalam negeri kok masih nyinyir. Memang kalau orang yang tidak punya prestasi ya hanya bisa nyinyir dan sinis," kata Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Kamis (7/9/2019).

"Kita tahu bahwa dalam Pilpres 2019 yang lalu mobil Esemka ini kerapkali dijadikan sebagai alat politik untuk menyerang Presiden Jokowi. Setelah diluncurkan, kok masih saja begitu," imbuh dia.


Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu mengatakan mobil Esemka memang belum sepenuhnya berkonten dalam negeri. Tetapi lebih dari 60 persen komponennya dari industri otomotif lokal.

"Seharusnya mereka bangga atas rintisan industri mobil produk dalam negeri yang sepenuhnya menjadi dihasilkan dari swasta. Walaupun sepenuhnya belum 100 persen berkonten dalam negeri, peluncuran Mobil Esemka ini dengan berbagai varian produk seharunya disambut dengan gembira. Mobil bermerek Esemka merupakan produksi PT Solo Manufaktur Kreas,i yang menyerap komponen otomotif dalam negeri, khususnya yang diproduksi Industri Kecil dan Menengah (IKM)," tutur Ace.

Selanjutnya
Halaman
1 2