detikNews
Jumat 06 September 2019, 15:42 WIB

Jokowi: Sedih Saya Ada Konflik, Apalagi karena Masalah Etnis-Agama

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi: Sedih Saya Ada Konflik, Apalagi karena Masalah Etnis-Agama Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Sukoharjo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan untuk menjaga persatuan Indonesia. Jokowi tak ingin ada konflik karena perbedaan etnis ataupun agama.

"Sedih kalau saya ada konflik sekecil apa pun, apalagi karena gara-gara masalah etnis, beda etnis atau beda agama. Mbotenlah, jangan. Saya ngalami sendiri, ini memang negara besar sekali," kata Jokowi saat membagikan sertifikat tanah di GOR Pandawa, Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).



Jokowi mengatakan Indonesia merupakan negara besar dengan segala perbedaan suku, ras, etnis, dan agama. Jokowi sudah mengingatkan hal serupa berulang kali.

"Jangan sampai kita permasalahan lagi masalah, apakah ini dari Batak, apakah ini dari Jawa, dari Papua, Maluku, apakah ini dari Aceh. Kita ini sudah menjadi saudara sebangsa dan setanah air yang sudah sering saya ingatkan," ucap Jokowi.



Jokowi mencontohkan dirinya yang sudah berkeliling Indonesia. Dia mengatakan Indonesia merupakan negara yang besar.

"Bayangkan saya terbang dari Aceh tempatnya Pak Sofyan Djalil, langsung ke Wamena, berapa jam? Sembilan jam 15 menit. Itu kalau dari London di Inggris melewati 7 negara sampai Istanbul di Turki. Artinya, ini negara gede sekali," ujar Jokowi.


Jokowi ke Jajaran Menteri: Jangan Kayak Pejabat Minta Dilayani!
(dkp/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +