Disopiri Airlangga, Jokowi Jajal Mobil Pikap Esemka

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 06 Sep 2019 12:45 WIB
Jokowi menjajal mobil Esemka. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. Jokowi turut menjajal mobil pikap keluaran Esemka.

Jokowi didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menjajal mobil Esemka di jalur test drive. Airlangga menyetiri Jokowi.



Mobil tersebut memutari jalur sekitar 300 meter dan berhenti di depan pabrik Esemka. Jokowi juga tampak membuka pintu mobil.

Disopiri Airlangga, Jokowi Jajal Mobil Pikap EsemkaJokowi menjajal mobil Esemka (Andhika Prasetia/detikcom)


Jokowi mengatakan mobil ini diberi nama 'Bima'. Pikap ini memiliki kapasitas silinder 1.200 cc.

"Tadi saya dengan Pak Menperin telah mencoba mobil pikap produksi PT Esemka yang diberi nama 'Bima'. Ini 1.200 cc, dari awal saya melihat assembly line, tadi ada finishing line, ada juga pengerjaan mesin, proses-proses di sini, nanti perlu dilihat semuanya," ujar Jokowi di PT Solo Manufaktur Kreasi, Jl Raya Demangan Km 3,5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).


Jokowi ikut luncurkan mobil perdana Esemka / Jokowi ikut meluncurkan mobil perdana Esemka. (Andhika Prasetia/detikcom)


Mobil pikap Esemka Bima akan dijual dengan harga Rp 95 juta off the road. Jokowi meyakini mobil ini akan laris manis di pasar.

"Saya melihat harga kompetitif, saya tanya harganya Rp 95 juta off the road. Feeling saya laku keras," sebutnya. (dkp/imk)