Sumber Api Berkurang, Kabut Asap di Palembang Mulai Menipis

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 06 Sep 2019 11:47 WIB
Kabut asap di Palembang mulai menipis pada Jumat (6/9). (Foto: Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Kabut asap di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) mulai terlihat menipis. Kabut asap mulai menipis karena sumber api mulai berkurang.

"Heli water bombing ada empat unit yang kita turunkan kemarin untuk pemadaman api di Ogan Komering Ilir, bisa kita lihat asap berkurang. Namun upaya pemadaman di lokasi tetap dilanjutkan hari ini," kata Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori ketika dikonfirmasi, Jumat (6/9/2019).


Sumber Api Berkurang, Kabut Asap di Palembang Mulai MenipisFoto: Kabut asap terlihat dari Jembatan Musi IV Palembang Kamis (5/9) (Raja Adil Siregar/detikcom)


Selain itu, kelembaban udara di wilayah Sumsel juga mulai menurun. Hal ini juga disebut menjadi faktor yang membuat kabut asap berkurang.

"Faktor kedua ini karena kelembaban di wilayah Sumatera Selatan sudah mulai menurun. Tidak setinggi kemarin, maka otomatis kabut bekurang dan asap juga menipis," katanya.



Kabut asap dari kebakaran lahan sempat menyelimuti Kota Palembang dan Ogan Komering Ilir pada Kamis (5/9). Akibatnya satu jadwal penerbangan terganggu dan jalanan tertutup asap.

Dinas Kesehatan Sumsel juga membagikan 11 ribu masker ke masyarakat. Pemerintah juga meminta masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah saat kabut asap kembali tebal.


Tonton juga video Jambi Dikepung Kabut Asap Kiriman Karhutla Musi Banyuasin:

[Gambas:Video 20detik]

(ras/haf)