Anggota DPRD Bulukumba F-Berkarya Diwajibkan Santuni Caleg Gagal Partainya

Anggota DPRD Bulukumba F-Berkarya Diwajibkan Santuni Caleg Gagal Partainya

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Jumat, 06 Sep 2019 10:03 WIB
Foto: Partai Berkarya
Foto: Partai Berkarya
Makassar - DPD Partai berkarya Bulukumba mewajibkan anggota DPRD dari fraksi mereka untuk menyantuni caleg gagal dari partainya pada Pemilu 2019. Santunan ini akan diambil dari gaji caleg terpilih yang duduk di kursi DPRD Bulukumba.

"Memang harus begitu karena kita punya komitmen seperti itu. Di Sulsel kita komitmen begitu," kata Ketua DPW Partai Berkarya Andi Patabai Pabokori saat berbincang dengan detikcom, Jumat (6/8/3019).


Salah satu legislator yang nantinya 'menggaji' caleg gagal adalah Ismail Yusuf. Selama lima tahun ke depan, dia akan menggaji caleg yang dikalahkannya di daerah dapilnya di Kabupaten Bulukumba.

Ismail Yusuf merupakan anggota DPRD yang terpilih di dapil 4 Kabupaten Bulukumba dengan daerah yang meliputi daerah Herlang, Kajang, Bontotiro. Andi Patabai mengatakan Ismail sudah berkomitmen dengan DPD Partai Berkarya di Kabupaten Bulukumba.


"Ada perhitungannya, Rp 1.000 rupiah per jiwa di dapilnya. Misalnya dapilnya lima orang dia harus kasih santunan tiap bulan itu. Jadi ada pengembalian, jadi sama-sama berjuang kan," ujarnya.

Selain kesepakatan itu, Berkarya mewajibkan Ismail untuk mendukung Perda Syariat Islam yang ada di daerahnya, serta memperjuangkan anggaran untuk pesantren dan guru mengaji.

"Kalau dia tidak bersedia berjuang, dia bersedia ditarik," ujarnya.
Halaman

(fiq/haf)