detikNews
Jumat 06 September 2019, 09:18 WIB

Diwarnai Kabut Asap, Jokowi Terbang dari Kalbar Menuju Jateng

Andhika Prasetia - detikNews
Diwarnai Kabut Asap, Jokowi Terbang dari Kalbar Menuju Jateng Asap di Pontianak (Andhika/detikcom)
Pontianak - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menuju Provinsi Jawa Tengah untuk melanjutkan kunjungan kerjanya. Jokowi terbang dari Provinsi Kalimantan Barat.

Pantauan di lokasi, Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (6/9/2019), asap masih tampak di sekitar bandara. Tower ACT terlihat berkabut dari Pesawat Kepresidenan.


Foto: Andhika/detikcom

Namun jarak pandang di daratan masih terlihat jelas dari kejauhan. Jokowi sendiri sudah memasuki pesawat pada pukul 08.15 WIB.

Asap yang menyelimuti kawasan Pontianak ini tampak tak begitu pekat saat Jokowi tiba pada Kamis (6/9) siang. Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun BMKG, sebaran titik panas atau hotspot terdeteksi di sejumlah daerah di Kalimantan pada pagi ini.

Terkait adanya kabut asap, Jokowi sebelumnya memerintahkan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji agar fenomena ini tidak mengganggu penerbangan.

"Tadi disampaikan ke Pak Gubernur jangan sampai kabut asap mengganggu penerbangan dan mengganggu ekonomi kita," ujar Jokowi di Rumah Radakng, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9).


Foto: Andhika/detikcom


Jokowi sudah mendapat laporan mengenai tindakan yang dilakukan kepada pelanggar. Ada 19 perusahaan yang disegel.

"Gubernur menyampaikan sudah ada 97 yang diperingatkan keras, 19 disegel. Saya kira tindakannya sudah tegas. Kalau masih ada yang berani...," ucap Jokowi sambil mengacungkan tangannya.


Simak Video "Petaka Asap, Mencari Dalang pada Bencana Berulang"

[Gambas:Video 20detik]

Diwarnai Kabut Asap, Jokowi Terbang dari Kalbar Menuju Jateng

(dkp/knv)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com