detikNews
Kamis 05 September 2019, 21:35 WIB

Lewat Aplikasi, Pelanggan Aetra Kini Lebih Mudah Hitung Tagihan

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Lewat Aplikasi, Pelanggan Aetra Kini Lebih Mudah Hitung Tagihan Foto: Dok Aetra
Jakarta - Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, PT Aetra Air Jakarta meluncurkan aplikasi berbasis android untuk memudahkan layanan ke pelanggan. Lewat aplikasi mobile ini, pelanggan bisa memanfaatkan sejumlah fitur untuk kemudahan layanan.

Fitur tersebut seperti pembayaran, riwayat tagihan, pendaftaran pelanggan baru, pemakaian air, penyampaian keluhan, hingga menghitung mandiri jumlah tagihan air yang dibayarkan.


"Ini salah satu cara mendekatkan ke pelanggan. Dengan mudah, pelanggan bisa lihat volume pemakaian air yang digunakan, tagihan yang mau dibayarkan. Kemudian apabila ada informasi kebocoran atau keluhan lain, bisa disampaikan langsung di aplikasi ini," kata Presiden Direktur Aetra Edy Hari Sasono dalam keterangan tertulis, Kamis (5/9/2019).

Edy menambahkan, aplikasi bernama Aetra Mobile ini akan terus dikembangkan fiturnya, termasuk untuk versi iOS. Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini, lanjutnya, yaitu baca meter mandiri dengan memfoto meteran air via aplikasi untuk kemudian dikirimkan secara otomatis ke sistem Aetra. Bahkan di masa mendatang, tak menutup kemungkinan tagihan didasarkan dari informasi pelanggan lewat Aetra Mobile.

"Di situ ada menu baca meter. Apabila belum terbaca sementara oleh petugas karena jadwal (pengecekan meter) sudah lewat, pelanggan bisa foto. Kemudian pelanggan juga bisa melihat tagihan sampai 2 tahun terakhir," ujarnya.

Harapannya, selain meningkatkan pelayanan, aplikasi ini juga bisa berkontribusi pada peningkatan kinerja. Sebab, akan ada efisiensi sangat besar dengan Aetra Mobile ini.


Lalu ada pula fitur informasi data konsumsi air, fitur info gangguan, dan informasi tentang lokasi-lokasi kantor cabang Aetra. Untuk pendaftaran langganan pun bisa dilakukan lebih mudah, karena kelengkapan dokumen bisa diunggah via aplikasi.

"Fitur Pelanggan di Aetra Mobile ini sangat memudahkan pelanggan. Artinya dengan memiliki handphone berbasis smartphone, melalui genggaman informasi terkait dengan kepelangganan langsung dapat diakses, keluhan juga dapat sesegera mungkin untuk dilaporkan," tutupnya.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com