Wiranto: Untuk Sementara Kami Batasi WNA ke Papua

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Selasa, 03 Sep 2019 18:02 WIB
Empat WN Australia dideportasi dari Sorong, Papua Barat. (Dok. Imigrasi)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto mengatakan saat ini pemerintah melakukan pembatasan warga negara asing (WNA) ke Papua. Wiranto mengatakan pembatasan berkaitan dengan situasi keamanan di Papua.

"Untuk sementara kan sebentar aja kita akan membatasi. Membatasi itu bukan berarti tidak sama sekali. Tentu ada filter-filter tertentu yang berhubungan dengan masalah keamanan, masalah keselamatan, dan sebagainya," kata Wiranto di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2019).


Wiranto mengatakan pembatasan tersebut semata-mata untuk melindungi WNA. Dia mengatakan alasan keamanan menjadi faktor yang utama.

Wiranto: Untuk Sementara Kami Batasi WNA ke PapuaWiranto (Ari Saputra/detikcom)

"Kita melarang itu bukan semata-mata kita membatasi ruang gerak orang asing. Tetapi semata-mata kecuali melindungi orang asing itu sendiri supaya tidak menjadi korban kerusuhan dan kita juga mempersempit permasalahan," jelasnya.


Mantan Panglima ini juga tidak ingin aparat kesulitan melakukan identifikasi terhadap WNA yang berada di Papua. Dia menuturkan jangan sampai WNA ikut memperkeruh keadaan.

"Jangan sampai nanti kita nggak bisa membedakan mana orang asing, orang asing yang ikut nimbrung, ikut ngompori, ikut campur tangan dengan orang-orang yang betul-betul tulus sebagai wisatawan. nggak bisa dibedakan, mukanya sama aja," kata Wiranto.


Wiranto: Jika Sudah Kondusif, 5 September Internet Papua Dibuka (fdu/gbr)