detikNews
2019/09/03 17:04:26 WIB

Soal Wisata Halal Danau Toba, Gubernur Edy: Ada yang Suka Dramatisir

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Halaman 1 dari 2
Soal Wisata Halal Danau Toba, Gubernur Edy: Ada yang Suka Dramatisir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Khairul Ikhwan/detikcom)
Medan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyatakan ada yang mendramatisasi pernyataannya terkait wisata halal di Danau Toba. Akibatnya, informasi yang menyebar jadi salah.

Terkait dengan wisata halal di Danau Toba itu, Edy memberikan analogi bahwa di setiap daerah, ada orang-orang yang datang ke tempat tersebut, tidak dipandang apa agamanya. Tetapi untuk orang Islam, ada kebutuhannya terhadap makanan yang halal.

"Setiap daerah, ada orang datang ke situ, kita tidak memandang apa pun itu agamanya. Tetapi kalau ada orang Islam datang ke tempat itu, contoh di Bali, ada makanan di situ, rumah makan halal. Di Thailand yang mayoritas beragama Buddha, tapi di situ ada rumah makan halal," kata Edy di Nias, Selasa (3/9/2019).



Namun, kata Edy, dalam konteks Danau Toba, bukan berarti semua rumah makan yang ada di situ harus rumah makan yang halal. Persepsi inilah yang keliru.

"Itu yang menjadikan salah. Ini orang-orang yang tidak mengerti," katanya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com