Capim KPK Nawawi Siapkan Strategi 'Pengawas Galak' Bila Terpilih

Dhani Irawan - detikNews
Selasa, 03 Sep 2019 14:57 WIB
Nawawi Pomolango (dok istimewa)
Jakarta - Nawawi Pomolango mengaku tidak membawa misi khusus bila kelak diberi amanah sebagai pimpinan KPK. Namun, hakim yang saat ini berkarier di Pengadilan Tinggi Bali itu ingin mempercepat laju KPK.

"Sejauh ini KPK tampak seperti orang yang sedang 'treadmill', tampak berlari kencang tapi sebenarnya diam di tempat. Lihat saja indeks persepsi korupsi kita yang masih tertatih di angka 38, jauh dari harapan yaitu bisa mencapai angka skor lulus di atas 50," ucap Nawawi pada detikcom, Selasa (3/9/2019).

Satu-satunya calon pimpinan (capim) KPK dari hakim itu kemudian memaparkan idenya soal akselerasi kinerja KPK. Seperti apa?



"Akselerasi ini dapat dilakukan dngan penguatan tugas-tugas koordinasi, supervisi, dan monitoring, mengubah model 'pencegahan' yang selama ini ditampilkan seperti paket mengimbau (dan) slogan yang tak banyak berarti," kata Nawawi.

"Idealnya 'pencegahan' itu dilabeli seperti kita memelihara banyak anjing galak di seputaran rumah kita. Jadi membangun sistem yang dapat menutup celah atau ruang-ruang tindakan korup," imbuh Nawawi.