detikNews
Senin 02 September 2019, 23:11 WIB

Bendera Merah Putih 60 Meter Selimuti Penonton Merajut Nusantara

Akfa Nasrulhak - detikNews
Bendera Merah Putih 60 Meter Selimuti Penonton Merajut Nusantara Foto: Akfa Nasrulhak/detikcom
Jakarta - Pagelaran budaya bertajuk 'Merajut Nusantara' usai digelar di Monumen Nasional, Jakarta. Kegiatan ini dalam rangka membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan Indonesia.

Bendera merah putih dengan panjang mencapai 60 meter dibentangkan di kerumunan penonton. Namun, sebelum itu, para artis ibu kota, pembawa acara hingga para penari tradisional naik ke atas panggung. Satu per satu, mereka melontarkan kalimat penyemangat kepada penonton terkait persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mulai dari Ria Ricis, Arie Kriting, Inul Daratista, Yosi Project Pop, Nirina Zubir, Nowela, hingga semua bintang tamu yang hadir saling mengucapkan kalimat penyemangat.



"Bhinneka Tinggal Ika, keutuhan NKRI. Papua punya cinta untuk Indonesia. Kita Semua Satu. Bersatu dalam keanekaragaman, satu tujuan dalam cinta, mari merajut Nusantara menuju NKRI," ucap mereka, minggu (2/9/2019).

Pembentangan bendera merah putih raksasa ini diiringi dengan nyanyian lagu-lagu nasional seperti Indonesia Tanah Air Beta. Tampak suasana khidmat saat pembentangan bendera raksasa tersebut.

Selain bendera raksasa, sejumlah penonton juga mengibarkan bendera Merah Putih berukuran sedang yang dikibar-kibarkan saat menyaksikan musik hiburan dan pagelaran budaya tersebut.


Sebagai informasi, dalam ajang ini berbagai macam budaya dikolaborasikan dan ditampilkan di panggung yang begitu megah. Ada 3 medley kesenian tradisional dari beberapa daerah. Seperti Tari Kecak, FU Papua (tiup kerang), Dayak dan Udog, Ratoh Jaro, Tari Rampak Gendang dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan NTT. Selain itu, ada juga kesenian Pakarena, Gaba gaba Maluku, Marbona Taon Batak dan Japin Melayu.
(prf/ega)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com