Satu-satunya Capim KPK Wanita, Lili Siregar Optimistis Lolos Uji di DPR

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 02 Sep 2019 20:06 WIB
Ilustrasi KPK (Foto: Agung Pambudhy-detikcom
Jakarta - Lili Pintauli Siregar menjadi satu-satunya calon pimpinan (capim) KPK wanita yang lolos dari wawancara dan uji publik yang digelar Pansel Capim KPK. Dia pun optimis bakal lolos dari uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

"Kita harus optimis dengan pilihan. Tidak boleh ada kata pesimis, pokoknya optimis. Tapi dengan optimis itu kita harus menunjukkan kemampuan intelektual, manajerial kan di situ," kata Lili, Senin (2/9/2019).



Meski jadwal uji kelayakan atau fit and proper test di DPR masih belum jelas, Lili mengatakan dirinya tetap akan belajar untuk menghadapi tes uji kepatutan tersebut. Dia menyatakan apapun ceritanya, sebagai capim KPK, dirinya harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

"Persiapan diri itu belajar pasti. Karena apapun ceritanya kan kita harus mampu juga menjawab," ujarnya.



Lili yang pernah menjadi Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) ini sempat menyinggung soal kendala pendampingan saksi-saksi yang diperiksa oleh KPK saat dirinya menjalani wawancara bersama pansel. Dia mengatakan harus ada pembaruan MoU antara KPK dengan LPSK terkait perlindungan saksi.

"Langkah konkretnya MoU diperbaiki, karena kan semua bergerak atas nama aturan bukan personal," ujarnya.