detikNews
Senin 02 September 2019, 19:28 WIB

Yuk Saksikan Keseruan 'Merajut Nusantara' Malam Ini di Monas!

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Yuk Saksikan Keseruan Merajut Nusantara Malam Ini di Monas! Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Indonesia diwariskan oleh para pejuang dengan darah dan air mata. Begitu banyak pengorbanan yang diberikan oleh para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Mereka berjuang dan juga berkorban demi menyatukan ibu pertiwi menjadi satu di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk mengobarkan kembali semangat nasionalisme, pagelaran budaya pun hadir untuk menyapa warga ibu kota.

Acara yang akan digelar malam ini di Silang Monas Timur (Pojok), Jakarta Pusat, Senin (2/9/2019) ini bertajuk 'Merajut Nusantara'. Dalam pagelaran ini akan ditampilkan pertunjukan budaya lewat tarian dan lagu-lagu daerah serta nasional.


Berbagai macam budaya akan dikolaborasikan dan ditampilkan di panggung yang begitu megah. Ada 3 kesenian tradisional dari beberapa daerah yang bakal akan dimedley. Seperti Tari Kecak, FU Papua (tiup kerang), Dayak dan Udog, Ratoh Jaro, Tari Rampak Gendang dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan NTT. Selain itu, masih ada lagi kesenian Pakarena, Gaba gaba Maluku, Marbona Taon Batak dan Japin Melayu.

Event tersebut semakin meriah karena akan diisi oleh musisi nasional seperti Candil, Netral, The Rain, Kikan hingga Fathin. Selain itu, bintang tamu dari Papua seperti Edo Kondologit, Nobo Sasamu, Vien, hingga Nowela jebolan dari Indonesian Idol juga akan turut memeriahkan acara tersebut.

Event ini akan semakin hangat dengan dipandu oleh pembawa acara yang atraktif seperti Yosi, Nirina, Ria Ricis, Ellen Aragay, Ari Kriting dan Ari Daging. Uniknya, seluruh pengisi acara menggunakan pakaian adat nusantara dari berbagai daerah di Indonesia.

Hingga tiba di puncak acara, seluruh pengisi acara akan tampil dan menarasikan walaupun berbeda-beda namun satu Indonesia. Sebagai masyarakat Indonesia, kita harus hidup rukun berdampingan. Seluruh pengisi acara juga akan mengajak saudara-saudara Papua serta seluruh masyarakat dari berbagai suku bangsa damai di negeri Indonesia.


Pertunjukan budaya ini memang sengaja digelar untuk membangun lagi semangat kebangsaan. Dengan pagelaran ini, akan ditunjukkan bahwa Indonesia juga bisa bersatu melalui budaya yang berbeda-beda. Indonesia juga bisa tampil indah dengan balutan busana-busana daerah yang berbeda-beda.

Tak ada yang lebih baik antara suku yang satu dengan suku lainnya. Semua sama, satu negara, satu bangsa, menjunjung tinggi satu bahasa, yaitu Indonesia.

Jika kamu ingin menjadi bagian dari kemeriahan nanti malam, segera datang ke Silang Monas Timur Jakarta. Acara akan dimulai sejak pukul 18.30 - 20.00 WIB untuk off air, dan pukul 20.00 - 21.30 untuk on air. Kamu juga bisa menyaksikan live streamingnya di detikcom. Jadi jangan sampai ketinggalan, ya!



(ega/prf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com