detikNews
Senin 02 September 2019, 12:42 WIB

Tak Jadi Temui Moeldoko, Andre Diterima Deputi KSP Bahas Masalah Semen

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Tak Jadi Temui Moeldoko, Andre Diterima Deputi KSP Bahas Masalah Semen Foto: Andre Rosiade datangi KSP (Fida/detikcom)
Jakarta - Anggota Bidang Komunikasi DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade, tidak jadi bertemu dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko untuk menyampaikan aspirasi mengenai persaingan semen Indonesia dengan Tiongkok. Andre ditemui oleh Deputi Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP), Eko Sulistyo.

"Pagi ini kami diterima Deputi IV Mas Eko dan pihak deputi III perwakilan KSP. Ada dua kedeputian yang menerima kami di kantor staf kepresidenan. Karena Kepala Staf Kepresidenan ada acara lain," kata Andre di Komplek Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2019).



Andre mendesak agar pemerintah tegas mengatasi persaingan usaha antara perusahaan semen Indonesia dengan Tiongkok. Dia menduga pabrik semen Tiongkok akan ikut membangun kantor ibu kota di Kalimantan Timur.

"Ada rencana pabrik semen Tiongkok membangun pabrik semen baru di Kutai Timur. Dalam rangka menyambut pembangunan ibu kota baru," jelas Andre.

"Bayangkan saja ibu kota di 2024 yang akan diresmikan istana di Kaltim, di Istana kita dan gedung-gedung pemerintah kita yang harus akan menimati adalah pabrik semen Tiongkok yang akan dibangun di Kaltim dalam waktu dekat ini," sambungnya.



Sementar itu, Eko mengatakan akan menampung aspirasi dari Andre dan serikat pekerja semen. Menurutnya, ada tiga kementerian yang akan dilibatkan terkait masalah itu.

"Kami sendiri dari curhatan tadi terpantau terlihat kewenangan dari setidaknya tiga kementerian. Kemeterian Perindustrian, Kementerian Perdangangan. Terkait regulasi ketenagakerjaan dengan Kementerian Tenaga Kerja," tuturnya.

Eko mengatakan masalah semen bukan kewenangan Kantor Staf Kepresidenan. Namun dia berjanji akan menyampaikannya ke Moeldoko dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami dari KSP tidak bisa memberi satu keputusan. Saya sampaikan pertama akan saya laporkan ke kepala staf. Yang kedua saya berikan penjelasan bahwa di KSP nanti sifatnya kita akan mengundang, kemudian mengkonfirmasi apa yang disampaikan, apa yang disampaikan teman-teman ini," tuturnya.


Simak Video "Sambangi KSP, Andre Rosiade Bahas Semen China"

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com