detikNews
Senin 02 September 2019, 11:16 WIB

ITHB Gandeng DANAdidik Hadirkan Program Dana Abadi Pendidikan

Raras Prawitaningrum - detikNews
ITHB Gandeng DANAdidik Hadirkan Program Dana Abadi Pendidikan Foto: ITHB
Jakarta - Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) bersama perusahaan teknologi finansial pinjaman pendidikan DANAdidik berkolaborasi mengkonversikan dana beasiswa menjadi pinjaman pendidikan. Peluncuran program ini dilakukan agar dana beasiswa dapat terus bergulir dan dapat menjadi dana abadi pendidikan.

Kolaborasi Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Bandung bersama fintech (financial technology) ini menjadi yang pertama di Indonesia. Langkah inovatif ITHB mengkonversikan dana beasiswa menjadi pinjaman lunak pendidikan juga dilakukan sebagai bentuk pembelajaran pada mahasiswa agar dapat lebih mandiri mengelola dana kuliah.

"Program Dana Abadi Pelajar ini merupakan langkah awal kami bersama DANAdidik untuk mengurangi angka putus kuliah, terutama karena alasan finansial. Dengan mengubah dana beasiswa menjadi pinjaman pendidikan, diharapkan peluang kuliah semakin terbuka lebar," ujar Rektor Institut Teknologi Harapan Bangsa, Dr. Ir. Samuel Tarigan, MBA., di Wisuda ITHB di Harris Hotel & Conventions Festival City Link Bandung. Sebagai informasi, tahun ini ITHB telah mewisuda 257 sarjana baru yang siap berkarier global di jalur cepat.

"DANAdidik berharap ITHB terus maju, dan tidak ada lagi mahasiswa yang kesulitan dana kuliah. Semoga kedepannya kerjasama konversi beasiswa ke pinjaman lunak ini bisa membantu lebih banyak lagi mahasiswa diluar sana untuk bisa berkuliah tanpa terkendala dana, kami terus berupaya untuk merelisasikan Visi DANAdidik yaitu #semuabisakuliah", ucap Dipo Satria Ramli, MBA., selaku Co-Founder & CEO DANAdidik.

ITHB Gandeng DANAdidik Hadirkan Program Dana Abadi PendidikanFoto: ITHB


Faktanya, pada 2018, jumlah mahasiswa di Indonesia hanya mencapai angka 7,5 juta orang. Sementara total penduduk usia 19 sampai 23 tahun (usia rata-rata mahasiswa) berjumlah 80 hingga 107 juta. Artinya populasi yang mendapatkan layanan pendidikan tinggi baru mencapai sekitar 32,9 persen. Hal itu menjadi fokus utama dari ITHB dan DANAdidik untuk membuat program Dana Abadi Pendidikan ini.

"Ini merupakan awal yang baik, kami ingin mewujudkan visi #SemuaBisaKuliah supaya semakin banyak lagi yang mendapatkan bantuan dana kuliah tanpa harus memiliki persyaratan dengan indeks nilai tertentu, seperti beasiswa. Dana pinjaman ini nantinya akan bergilir, tidak berhenti di satu orang saja seperti halnya dana beasiswa," kata Kepala Divisi Marketing DANAdidik, Nurlaila Sari.

Institut Teknologi Harapan Bangsa merupakan sebuah perguruan tinggi swasta inovatif yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Dengan semboyan "Karier Global. Jalur Cepat", ITHB telah menghasilkan ribuan lulusan yang memiliki karier global di perusahaan-perusahaan multinasional terbaik di dunia. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui situs resmi ithb.ac.id.

Sementara DANAdidik adalah platform peer to peer lending yang diperuntukan untuk pinjaman lunak pendidikan tinggi di Indonesia yang saat ini sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). DANAdidik berdiri pada 2015 dan saat ini sudah memberikan ribuan bantuan pinjaman lunak untuk para mahasiswa Indonesia.



(ads/ads)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com