detikNews
Minggu 01 September 2019, 13:30 WIB

Siswa Tingkat SMA Dikenalkan ke Dunia Kerja BUMN

Akfa Nasrulhak - detikNews
Siswa Tingkat SMA Dikenalkan ke Dunia Kerja BUMN Foto: Dok. Hutama Karya
Jakarta - Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Provinsi Riau Tahun 2019 berkesempatan untuk mengunjungi kantor Kementerian BUMN di Jakarta. SMN Provinsi Riau Tahun 2019 ini diberangkatkan ke Jakarta selepas mengikuti serangkaian kegiatan SMN di DI Yogyakarta sebelum kembali ke Riau.

Dibuka oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Hambra Samal, agenda kunjungan SMN Provinsi Riau ke Kementerian BUMN ini bertujuan untuk mengenalkan SMN pada lingkungan kerja Kementerian BUMN sebagai pencanang program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) yang salah satunya adalah SMN itu sendiri.

Staf Khusus Kementerian BUMN Sahala mengatakan program SMN harus terus dilaksakanakan oleh BUMN agar semua masyarakat khususnya anak muda mengenal kebudayaan Indonesia dengan baik sehingga semangat kebangsaan yang ditanamkan sejak awal menjadi penting untuk menjaga NKRI.



"Hutama Karya adalah BUMN yang memiliki tanggung jawab lebih karena Hutama Karya membangun infrastruktur di berbagai daerah di Indonesia. Selamat berjuang membangun bangsa dan negara melalui SMN," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (1/9/2019).

Selain berkunjung ke Kementerian BUMN, SMN Provinsi Riau Tahun 2019 pun diajak mengunjungi HK Tower, wisata edukasi ke Dufan dan Monas, menaiki MRT, serta berkunjung ke proyek East Connection Bandar Udara Soekarno-Hatta sebelum akhirnya bertolak kembali ke Provinsi Riau. Dalam penutupan acara SMN Provinsi Riau tahun 2019 di HK Tower, Hutama Karya juga memberikan apresiasi kepada lima guru pendamping yang telah menemani peserta SMN SMN Provinsi Riau Tahun 2019 selama berkegiatan.

Turut hadir dalam kunjungan ini yakni, Direktur Operasi III Hutama Karya Sugeng Rochadi dan Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan.

SMN Provinsi Riau Tahun 2019 juga menunjukkan kemampuan mereka menampilkan Tarian Rentak Bulian. Pada kesempatan yang digelar Rabu (21/8/2019), Hutama Karya juga memberikan bantuan alat komunikasi kepada dua peserta SMN Provinsi Riau Tahun 2019 yang menyandang disabilitas.



Seperti yang diketahui, SMN adalah kegiatan pertukaran pelajar dari 34 Provinsi di Indonesia yang merupakan program rutin Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Selain itu untuk memperkenalkan keragaman kekayaan nusantara dan potensi daerah di Indonesia lewat komponen Pemerintahan/BUMN dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi. Program ini juga untuk mengenalkan BUMN kepada para siswa.
(prf/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com