detikNews
2019/09/01 08:29:14 WIB

Caleg Muda DPR Terpilih Dituntut Bersikap Kritis

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Caleg Muda DPR Terpilih Dituntut Bersikap Kritis Gedung MPR/DPR (Foto: screen shoot video 20detik)
Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Politik Median Rico Marbun minta para caleg muda DPR RI terpilih lebih kritis terhadap situasi terkini. Hal itu dilakukan agar eksistensi para caleg muda DPR yang terpilih ini tidak kalah dengan para politikus senior.

"Mereka harus kritis, jangan tenggelam. Fungsi utama anggota DPR itu harus mereka penyeimbang eksekutif, kan fungsi dewan itu melakukan pengawasan terhadap pemerintahan. Dengan adanya pemindahan ibu kota ini suara anak muda mana? contohnya lalu soal Papua suara anak muda itu di mana? Meraka harus selalu hadir, selalu kritis dalam setiap peristiwa penting yang ada di Republik ini," kata Rico saat dihubungi, Sabtu (31/8/2019).

Caleg muda DPR terpilih jangan tenggelam dalam arus utama anggota DPR yang lebih senior. Mereka harus membuat perubahan ke arah lebih baik. Menurut Rico, selama ini eksistensi para politikus muda yang terpilih jadi anggota DPR hilang seiring waktu karena tak bisa bersaing dengan para politikus senior. Untuk itu, ia berharap para politikus muda ini bisa menunjukan kualitasnya.

"Anak muda ini harus membuktikan dia politisi yang handal juga begitu, dalam level yang sama dengan mereka-mereka yang sudah tepilih ulang. Kalau hanya muda saja artinya tidak ada edit value yang diberikan lebih ke masyarakat," ujar Rico.



Selain itu, Rico berharap para politikus muda ini nantinya bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagai anggota dewan dengan baik. Para caleg DPR muda ini bisa mendahulukan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi atau kelompok.

"Jalankan fungsi mereka, kan yang memilih mereka itu rakyat artinya kepentingan rakyat harus di atas kepentingan elite, oligarki atau bahkan kepentinngan partai. Itu harus mereka ingat betul," sebutnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com