detikNews
2019/08/31 15:33:06 WIB

Cerita Pasangan Disabilitas Punya Rumah DP Rp 0: Bagaikan Mimpi

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Cerita Pasangan Disabilitas Punya Rumah DP Rp 0: Bagaikan Mimpi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Rumah Solusi Rumah Warga (Samawa) DP Nol Rumah (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Pasangan suami istri Firman dan Tiana, jadi salah satu penghuni rumah DP Nol Rupiah (rumah DP rp 0) di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Firman mengaku selama ini tinggal di rumah orang tua.

"Saya sama istri saya sangat senang sekali ini bisa menerima, bagaikan mimpi yang selama ini. Kan selama ini saya masih numpang di orang tua, terus masih wara-wiri sana-sini kan," kata Firman di Rumah Samawa DP Nol Rumah, Jalan H Naiman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Sabtu (31/8/2019).

Firman bekerja di Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA) Penyandang Disabilitas yang kerja sama dengan Bawaslu, mengaku selama ini dia mengira mustahil bisa memiliki rumah sendiri. Sebab, penghasilannya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.


"Saya berpikir mustahil untuk bagi kami bisa punya rumah sendiri secara mandiri apalagi dengan penghasilan kami yang secukupnya. Akhirnya ada program DP 0 persen ini dengan patungan kita berdua untuk pembayarannya alhamdulillah bisa punya," jelas Firman.

Firman menyebut mengetahui adanya rumah DP Nol Rupiah saat sang istri mencari rumah. Kemudian dirinya mendatangi Dinas Perumahan yang berada di Tanah Abang.

"Akhirnya kami datang ke Dinas Perumahan di Tanah Abang untuk menanyakan rumah susun rusunawa. Tadinya yang di Cipinang, tapi sudah penuh dibilang, dan kebetulan pas kami ke sana memang alhamdulillah atas izin Allah juga kebetulan di sana juga lagi ada pembukaan rumah DP 0 rupiah," ujar dia.




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com