detikNews
Sabtu 31 Agustus 2019, 14:48 WIB

Anies Yakin Penghuni Rumah DP Rp 0 Tak Alami Kredit Macet

Faiq Hidayat - detikNews
Anies Yakin Penghuni Rumah DP Rp 0 Tak Alami Kredit Macet Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Rumah Samawa DP Nol Rumah (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyakini penghuni rumah DP Nol Rupiah (DP Rp 0) tak mengalami pembayaran kredit macet. Bila penghuni mengalami kesulitan, ada mekanisme di Bank DKI.

"Bila mereka terkena situasi sulit untuk membayar, ada mekanismenya dengan Bank DKI," kata Anies di Rumah Solusi Rumah Warga (Samawa) DP Nol Rumah, Jalan H Naiman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Sabtu (31/8/2019).


Namun Anies tidak menyebutkan mekanisme perbankan bila ada penghuni rumah mengalami kredit macet. Dia mengatakan pihak yang ingin mendapatkan rumah DP Rp 0 sudah lebih dulu melewati persyaratan, seperti memiliki catatan rutin menabung di Bank DKI dan mempunyai penghasilan yang sudah ditentukan.

"Tapi prosesnya ada mekanisme perbankan. Dan itu salah satu faktor kenapa ada proses untuk review atas record credit mereka. Jadi mereka harus menabung, dilihat penghasilannya, kepastian penghasilannya, sehingga tidak timbul masalah di kemudian hari," jelas dia.


Anies bersama Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI, Kelik Indriyanto memantau setiap tipe rumah tersebut yang sudah ditempati. Anies terlihat berbincang dengan salah satu penghuni rumah.

Mantan Mendikbud itu mengaku adanya suasana kebahagiaan bagi penghuni bersama keluarga. Mereka sudah berlama-lama tinggal di rumah mertua atau orang tua.


"Kalau Bapak-Ibu dan Teman-teman semua saksikan di dalam sana, yang terlihat adalah suasana-suasana kebahagiaan keluarga muda. Rata-rata keluarga muda yang masuk di sini, di mana mereka akhirnya punya rumah sendiri," ucap Anies.



Simak juga video Anies Bagikan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]


(fai/jbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com