detikNews
2019/08/31 12:45:26 WIB

KPU Pleno Penetapan Anggota DPR, PDIP Minta Ganti 3 Nama

Dwi Andayani - detikNews
Halaman 1 dari 2
KPU Pleno Penetapan Anggota DPR, PDIP Minta Ganti 3 Nama Pleno KPU/Foto: Dwi Andayani/detikcom
Jakarta - KPU menggelar pleno penetapan nama-nama anggota DPR RI terpilih 2019-2024. Tapi PDI Perjuangan memberi catatan untuk mengganti 3 anggota DPR terpilih.

Pembacaan nama ini dilakukan secara bergantian oleh komisioner KPU RI sesuai dengan urutan daerah pemilihan (dapil). Pleno digelar di gedung KPK, Jl Imam Bonjol, Jakpus, Sabtu (31/8/2019).

Usai pembacaan, Ketua KPU Arief Budiman memberikan kesempatan kepada partai politik peserta pemilu dan Bawaslu untuk memberikan catatan. Hal ini dilakukan sebelum nama-nama tersebut resmi ditetapkan.





Perwakilan PDIP kemudian menyampaikan catatannya terkait caleg PDIP di beberapa daerah. PDIP menyebut ada calegnya yang meninggal dunia, mengundurkan diri hingga dipecat.

"Di dapil Sumsel I satu orang, Kalbar I ada dua orang, orang satunya mundur, satu dipecat," ujar perwakilan dari PDIP, Candra Irawan.

Candra mengatakan partainya memberikan suara yang didapat oleh caleg yang mengundurkan diri kepada caleg lain. Atas catatan tersebut PDIP meminta KPU tidak menetapkan 3 anggota DPR terpilih dari PDIP.

"Ada 3, satu di dapil Sumsel 1 meninggal dunia, kemudian putusan MA kan memberikan suaranya kepada parpol. Kalau parpol partai kami memberikan ke nomor 6 atas nama Harun," kata Candra.

"Kemudian yang Kalbar 1 yang caleg nomor 2 , saudara Akim itu telah melanggar kode etik internal sehingga dipecat. Satu lagi yang harusnya Pak Jainur, urutan ke nomor 2 itu mengundurkan diri. Sehingga 2 caleg kami minta tidak bisa ditetapkan," tuturnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com