Didampingi Istri, Anies Hadiri Peresmian Festival Rumah DP Rp 0

Faiq Hidayat - detikNews
Sabtu, 31 Agu 2019 11:37 WIB
Anies Baswedan (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri peresmian acara festival rumah DP nol rupiah 'Ini Rumah Gue' di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Anies tiba didampingi istrinya, Fery Farhati.

Pantauan detikcom di Jalan H Naiman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Sabtu (31/8/2019), Anies memberikan kunci secara simbolis kepada empat orang calon penghuni rumah DP Rp 0. Ada 3 tipe rumah, yaitu studio, satu kamar, dan dua kamar.



Anies kemudian bicara soal masalah yang ada di Jakarta mengenai hunian tempat tinggal. Menurut Anies, ada sekitar 50 persen warga DKI Jakarta yang tinggal di rumah kontrakan.

"Sementara nilai properti di Jakarta mengalami kenaikan yang tinggi, di antara kota di Indonesia, Jakarta, merupakan yang memilik properti tinggi, maka peningkatan signifikan," kata Anies dalam sambutannya.

"Karena itu, bila separuh warga di Jakarta memiliki properti dan separuh tidak punya properti, sementara kenaikan properti maka yang terjadi tidak punya rumah tapi ketimpangan, dan yang tidak punya properti makin tahun tertinggal," imbuh dia.





Selain itu, Anies mengatakan program Solusi Rumah Warga (Samawa) ini dihadirkan untuk menyelesaikan masalah di Jakarta. Sebab itu, pihaknya mencari terobosan agar warga tidak hanya menyewa, tapi juga memiliki rumah.

"Solusi mencari terobosan agar warga tidak hanya menyewa tapi pemilik. Apa kendala di situ? Bukan tidak mampu kredit, tapi membayar uang muka," jelas dia.



Seperti diketahui, untuk menghuni rumah DP Rp 0, ada lima syarat. Pertama, KTP DKI Jakarta milik pemohon dan pasangan yang minimal sudah 5 tahun saat pengajuan permohonan (asli dan fotokopi). Kedua adalah Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP pemohon (asli dan fotokopi). Syarat ketiga adalah kartu keluarga (asli dan fotokopi). Keempat, Form Permohonan Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah yang tersedia di loket dan bisa diunduh serta dicetak lewat web samawa.jakarta.go.id.

Pada sesi pertama, ada 2.359 pendaftar rumah DP Rp 0, tapi hanya 1.790 orang yang lolos seleksi Pemprov. (fai/idn)