BMKG Prediksi Sebagian Besar Jawa Masuki Musim Hujan pada November

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Jumat, 30 Agu 2019 19:30 WIB
Kepala Subbidang Analisis dan Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi waktu masuknya musim hujan di Indonesia. Untuk Pulau Jawa, BMKG memprediksi musim hujan akan mulai masuk pada akhir Oktober 2019.

"BMKG memprediksi hujan akan datang paling cepat untuk Jawa di akhir Oktober. Jawa itu juga hanya di bagian barat. Sebagian besar Jawa itu baru akan masuk musim hujan di November dan Desember. NTB-NTT sama, secara umum akan di Desember," kata Kepala Subbidang Analisis dan Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi di kantornya, Jakarta Timur, Jumat (30/8/2019).


Adi mengatakan awal musim hujan di Indonesia bakal sedikit terlambat. Karena itu, dia menyebut musim kemarau saat ini harus diwaspadai.

"Kondisi ini ternyata memang awal musim hujan kita di tahun ini juga akan sedikit terlambat. Ada sekitar 10 sampai 20 hari mengalami keterlambatan dari awal musim hujan tahun ini sehingga kewaspadaan kita sekarang sedang kemarau, ditambah awal musim hujan juga akan terlambat," sebut Adi.


Adi mengatakan data ini merupakan hasil monitoring curah hujan untuk enam bulan ke depan. Dia meminta musim kemarau saat ini tetap harus diwaspadai.

"Artinya ini Agustus, September, Oktober masih kewaspadaan yang perlu kita tingkatkan," ucap dia. (gbr/gbr)