Tokoh Muda Papua Curhat 'Demo Dulu Baru Ada Solusi', Ini Respons Wiranto

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 30 Agu 2019 15:08 WIB
Samuel Tabuni (jas hitam) dalam jumpa pers bersama di Kemenko Polhukam. (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Tokoh muda Papua Samuel Tabuni menyampaikan aspirasinya dalam jumpa pers bersama di Kemenko Polhukam. Samuel menyebut pemerintah kerap lambat merespons aspirasi masyarakat Papua. Menko Polhukam Wiranto menjawab curhat Samuel.

Wiranto hari ini menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh Papua. Dalam pertemuan itu, hadir Laksamana Madya (Purn) Freddy Numberi, Yorrys Raweyai, Samuel Tabuni, Alfred Papare, Frans Ansanay, Willem Frans Ansanay, Victor Abraham, Victor Abraham Abaidata, Yan Mandenas, dan Airis Waimuri.


Saat giliran Samuel berbicara, dia menyoroti sulitnya masyarakat Papua dilibatkan dalam kegiatan PT Freeport. Lalu terjadi demo besar, baru masyarakat Papua dilibatkan dalam kegiatan PT Freeport.

Dia lalu mencontohkan lahirnya otonomi khusus untuk Papua yang harus diawali aksi demo besar-besaran. Samuel menyayangkan hal tersebut, kenapa demo dulu baru ada solusi.

"Kalau pemikiran anak-anak muda Papua tidak kita rangkul, tidak kita berikan ruang, Papua tidak ada masa depan yang baik," ujar Samuel sembari mencontohkan saat ini aksi demo di Papua 'dimotori' oleh anak-anak muda Papua.


Selanjutnya
Halaman
1 2