detikNews
Jumat 30 Agustus 2019, 14:48 WIB

1 Muharam, Pemkot Tangerang Gelar Pawai Sarungan Sampai Hadrah

Isabelle Carinna Dewi - detikNews
1 Muharam, Pemkot Tangerang Gelar Pawai Sarungan Sampai Hadrah Foto: Ardian Fanani
Jakarta - Rayakan peringatan 1 Muharram, Pemkot Tangerang gelar Festival Al-Azhom yang ke-8 dengan tema Hijrah is Beautiful. Rangkaian kegiatan islami tersebut berpotensi menarik wisatawan mancanegara.

Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah mengatakan festival tersebut merupakan upaya membangun tali persaudaraan islamiyah diiringi nilai-nilai kreativitas umat Islam di Kota Tangerang.

"Karena Islam adalah agama yang Rahmatan Lil'alaaminn, tentu ini menjadi panduan bagi kita untuk menjalankan nilai-nilai akhlakul karimah," tuturnya dalam keterangan tertulis, Jumat (30/8/2019).


Arief juga mengingatkan warga kota Tangerang untuk membangun kepedulian terhadap kotanya dengan program yang menyokong kepedulian masyarakat.

"Mari kita jaga diri, menjaga keluarga, menjaga lingkungan agar terbentuk kerukunan dan kebersamaan pada masyarakat Kota Tangerang yang kita cintai," ujarnya.

Kegiatan yang digelar di Kota Tangerang akan mendatangkan wisatawan. Ini sesuai dengan target Kementerian Pariwisata untuk meningkatkan jumlah wisatawan pada tahun yang akan datang.

"Nanti kita juga akan tingkatkan promosi melalui berbagai media, termasuk di Bandara Soetta yang menjadi gerbang dunia," ujar Arief.

Sementara Ketua Panitia Festival Al Azhom Romi Abidin menuturkan festival merah ini kembali menampilkan berbagai kegiatan islami sebagai pusat kegiatan yang akan digelar di Masjid Raya Al-Azhom.

"Tahun ini pun akan ada perlombaan MTQ dan Hadrah tingkat internasional yang melibatkan peserta negara sahabat," jelas Romi.


Festival ini ditargetkan dapat menarik 10 ribu atau lebih pengunjung dari Jabodetabek. Ini diprekdisi saat penutupan acara yang diisi grup musik religi Sabyan Gambus.

"Festival Al-Azhom telah menjadi sentral pengembangan majelis ilmu dan peradaban Islam serta ajang silaturahmi pemuda. Harapannya, dengan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, dapat menciptakan masyarakat madani yang berakhlakul karimah," katanya.

Festival ini diadakan pada 31 Agustus-12 September 2019 dengan berbagai acara, seperti karnaval budaya, festival marawis dan hadrah, tablig akbar, seminar, kajian dan dialog interaktif, aneka lomba islami, Festival Marching Band, kegiatan spiritual dan sosial, BKPRMI mencari bakat, MTQ dan hadroh berkelas internasional, bazar, santunan anak yatim, pawai sarungan dan donor darah.

Festival Festival Al - Azhom akan masuk dalam 100 event rutin tahunan nasional dan agenda para wisatawan mancanegara. Acara tahunan ini telah menarik perhatian wisatawan mancanegara dan Kementerian Pariwisata RI hingga dijadikan agenda tahunan yang di promosikan.




(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com