Habib Hilal Mundur dari Dewan Syuro PKB, Cak Imin: Merasa Terlalu Muda

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 30 Agu 2019 12:08 WIB
Foto: Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Azizah/detikcom)
Jakarta - Habib Hilal Al Aidid mengundurkan diri dari jabatan sebagai Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB 2019-2024. Pengunduran diri itu diketahui melalui sebuah surat bertanggal 28 Agustus 2019.

Berdasarkan surat yang diterima detikcom, Jumat (30/8/2019), Habib Hilal menuliskan surat tersebut kepada Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Habib Hilal awalnya mengatakan dirinya merasa tersanjung karena dipercaya menempati posisi di Dewan Syuro. Namun, selanjutnya, Habib Hilal menyatakan pengunduran diri karena merasa posisi itu lebih cocok diisi tokoh ulama lain.

"Selanjutnya, setelah mendengar berita penetapan Pengurus DPP PKB 20192024, yang salah satunya menunjuk saya sebagai Wakil Sekretaris Dewan Syuro Dewan DPP PKB, maka sungguh saya merasa sangat tersanjung dan menghaturkan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kepercayaan dan penghormatan yang telah diberikan kepada saya," ujar Habib Hilal dalam suratnya.


"Namun demikian, sesudah merenung dalam-dalam, saya merasa masih banyak tokoh ulama sepuh lain yang lebih pantas menempati posisi tersebut. Oleh karena itu, dengan tanpa mengurangi rasa hormat, maka melalui surat ini saya mengundurkan diri dari jabatan tersebut," imbuh dia.

Imin membenarkan pengunduran diri Habib Hilal. Ia menyebut Habib Hilal telah berkomunikasi dengannya.

"Udah kontak saya," kata Imin di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini.


Senada dengan pernyataan dalam surat, Imin mengatakan alasan Habib Hilal mengundurkan diri karena merasa terlalu muda. Menurut Habib Hilal, lanjut Imin, posisi di Dewan Syuro lebih baik diberikan kepada ulama sepuh.

"Alasannya dia merasa terlalu muda di situ. Itu tempatnya kiai-kiai tua," kata dia.

Habib Hilal Mundur dari Dewan Syuro PKB, Cak Imin: Merasa Terlalu MudaFoto: Surat pengunduran diri Habib Hilal (Azizah/detikcom)



Simak juga video Putra Ma'ruf Amin Ada di Jajaran Pengurus DPP PKB 2019/2024:

[Gambas:Video 20detik]

(azr/tsa)