Ajak Korsel-Korut Bersatu, Megawati Akan Tawarkan Pancasila

Laporan dari Seoul

Ajak Korsel-Korut Bersatu, Megawati Akan Tawarkan Pancasila

Herianto Batubara - detikNews
Rabu, 28 Agu 2019 21:30 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (Herianto Batubara/detikcom)
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (Herianto Batubara/detikcom)
Seoul - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan mendorong Korea Selatan dan Korea Utara segera bersatu. Megawati akan menawarkan konsep Pancasila kepada kedua negara sebagai jalan mewujudkan perdamaian.

Megawati menyampaikan hal tersebut kepada wartawan di Lotte Hotel, Seoul, Korea Selatan, Rabu (28/8/2019). Dia akan menjadi pembicara kunci pada forum DMZ International Forum on the Peace Economy di lokasi yang sama pada Kamis (29/8).

"Saya kira dengan cara seperti ini (menjadi pembicara di DMZ Forum, red), menurut saya sangat positif sekali. Supaya isu untuk terjadinya persatuan, bersatunya Korea kan selalu ada. Karena menurut saya, sudah merupakan sebuah kebutuhan bagi Korsel dan Korut sendiri," kata Megawati.



Megawati mengatakan dirinya akan terus mengambil peran besar dalam proses reunifikasi Korea Selatan dan Korea Utara. Dia kemudian teringat saat menjabat presiden ke-5 RI, Presiden Korea Selatan saat itu yang juga penerima Nobel Perdamaian, Kim Dae-Jung, sangat ingin menyatukan kedua Korea.

Megawati mengatakan dirinya menjadi semacam special envoy untuk komunikasi antara Presiden Kim Dae-Jung dan counterpart-nya di Korea Utara saat itu, Kim Jong Il, yang kini digantikan putranya, Kim Jong Un.

"Jadi saya paling tidak sedang mengikuti keinginan-keinginan dari kedua belah pihak. Dan saya menawarkan Pancasila untuk bisa dipergunakan sebagai landasan mempercepat proses yang sudah terjadi," ujar Megawati.

Selanjutnya
Halaman
1 2