detikNews
2019/08/28 20:00:18 WIB

Diperiksa KPK, Pakdhe Karwo Ditanya Prosedur APBD Tulungagung

Zunita Putri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Diperiksa KPK, Pakdhe Karwo Ditanya Prosedur APBD Tulungagung Foto: Eks Gubernur Jatim Soekarwo saat datang ke KPK, Rabu (28/8/2019) (Zunita/detikcom)
Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo atau akrab disapa Pakdhe Karwo mengaku diajukan 10 pertanyaan oleh penyidik KPK. Pakdhe Karwo menjelaskan prosedur terkait APBD Tulungagung.

"Yang disampaikan beliau (penyidik) prosedurnya aturan perundangannya dan aturan yang berlaku seperti apa. (Dijawab), nah aturan perundangannya menetapkan lewat baik itu dari pusat aturan perencanaan lewat Bappenas Musrenbang. Kemudian ditindaklanjuti proses permohonan seperti itu lewat Pergub 13 tahun 2011 dan sudah rinci saya sampaikan prosedurnya seperti itu," kata Karwo usai diperiksa di gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2019).

Karwo menyebut pemberian dana APBD dari Pemprov ke daerah sudah sesuai aturan dan prosedur yang berlaku.

"Sudah sesuai prosedur dan sesuai aturan," katanya.





Karwo mengaku tak tahu menahu terkait kongkalikong suap APBD yang melibatkan Ketua DPRD Tulungagung Supriyono. Dia menegaskan tugas gubernur hanya terkait makro.

"Ya nggak tahu. Teknis bukan saya, gubernur hanya makro pembangunan aja, oke ya," jelasnya.

Selain itu Pakdhe Karwo menganggap wajar soal pemeriksaan ajudannya. Menurut dia, ajudannya saat itu diperiksa terkait tamu-tamu yang datang saat masih menjabat sebagai gubernur.

"Ya biasa ta (ajudan diperiksa) biasa, wong kemudian ada tamu siapa, tamunya pasti semuanya yang berhubungan dengan program pembangunan masyarakat sosial, dan lain sebagainya," katanya.

Soekarwo hari ini bersaksi untuk tersangka Supriyono. Soekarwo menjalani pemeriksaan sekitar 9 jam.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com