detikNews
Rabu 28 Agustus 2019, 14:33 WIB

BPPT Luncurkan 'GPS' Pemandu Nelayan dan Navigasi Pelayaran

Aditya Mardiastuti - detikNews
BPPT Luncurkan GPS Pemandu Nelayan dan Navigasi Pelayaran JK resmikan teknologi kelautan bernama AIS (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)
Denpasar - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan Automatic Identification System (AIS) sebagai teknologi navigasi untuk keselamatan laut. Peluncuran teknologi bernama AIS Kelas B BPPT itu diresmikan langsung Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) dan Menristek Dikti Mohamad Nasir.

Peresmian itu dilakukan di sela kunjungan JK di pameran Rictech Expo 2019 di Lapangan Nitimandala, Renon, Denpasar, Bali. Inovasi ini diharapkan bisa meningkatkan keselamatan transportasi laut dan meningkatkan daya saing industri nasional.

"Yang kami tampilkan pada pameran Hakteknas 2019 ini merupakan inovasi baru yang bisa menghela pertumbuhab ekonomi. Contohnya AIS yang baru saja diresmikan Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla dan ini merupakan produk yang sudah tersertifikasi untuk dipasarkan," tutur Kepala BPPT Hammam Riza kepada wartawan di lokasi, Rabu (28/8/2019).



AIS merupakan produk transceiver buatan BPPT yang berguna bagi pelayaran. Salah satu keunggulannya yaitu memiliki fitur untuk memandu nelayan ke lokasi posisi ikan.

"Tentu inovasi AIS akan dapat meningkatkan hasil produksi penangkapan ikan, serta menjaga keselamatan nelayan yang melaut. Inovasi AIS telah memiliki certificate type approval, yang diberikan oleh Balai Teknologi Keselamatan Transportasi Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub," jelasnya.


(ams/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com