JK: RI Punya 4.500 Universitas, Inovasi Teknologi Baru Nomor 85

ADVERTISEMENT

JK: RI Punya 4.500 Universitas, Inovasi Teknologi Baru Nomor 85

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 28 Agu 2019 13:26 WIB
Wapres Jusuf Kalla di Harteknas Bali (Foto: Noval Dhwinuari/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut Indonesia masih tertinggal dalam hal inovasi teknologi. Menurut JK, negara sebesar Indonesia dengan 4.500 universitas baru di urutan ke-85 dalam hal inovasi teknologi.

"Negara sebesar ini, yang mempunyai universitas 4.500, inovasinya (teknologi) baru nomor 85," kata JK dalam sambutannya di acara peringatan Hari Teknologi Nasional (Hakteknas) 2019 di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Kota Denpasar, Bali, Rabu (28/8/2019).


JK mengungkapkan, Indonesia masih tertinggal banyak jika dibanding negara lain dalam hal inovasi teknologi. Dari 120 peringkat negara dalam hal inovasi teknologi yang diberikan Global Inovation Index, Indonesia berada di urutan 85.

"Sementara Singapura nomor 5, Malaysia nomor 30. Kita hanya mengalahkan Kamboja. Negara yang lebih kecil dan baru saja mau ingin maju," ujarnya.




Untuk itu Indonesia dikatakan JK masih perlu bekerja keras untuk meningkatkan inovasi teknologi. Dia juga berharap Indonesia dapat belajar dari negara lain yang cepat berkembang dalam hal inovasi teknologi.

"China memiliki kemajuan teknologi yang sangat cepat. Pertama meniru, kedua memperbaiki, ketiga inovasi. Itu langkah-langkah yang dibuat oleh China. Dan juga Jepang pada waktu itu. Meniru, meningkatkan inovasi," imbuhnya.


Menurut JK tidak ada negara di dunia yang langsung maju karena melakukan inovasi teknologi sendiri. Hal ini karena teknologi merupakan sesuatu yang terus berkembang.

"Karena itu tidak bisa dimulai dari nol. Terlalu lama (jika harus mulai dari nol)," imbuhnya.


(nvl/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT