Gara-gara Asap Karhutla, Siswa SD di Dumai Riau Dipulangkan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 28 Agu 2019 12:00 WIB
Potret Kota Dumai pagi ini (Foto: Chaidir Anwar Tanjung/detikcom)
Potret Kota Dumai pagi ini (Foto: Chaidir Anwar Tanjung/detikcom)
Pekanbaru - Asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan atau karhutla berimbas pada kegiatan belajar mengajar di Dumai, Riau. Sejumlah sekolah dasar (SD) memulangkan siswanya lebih cepat.

"Saya dihubungi 4 kepala sekolah SD, mereka meminta izin agar muridnya dipulangkan lebih cepat," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Dumai, Dedy, kepada wartawan, Rabu (28/8/2019).

Dedy menyebut para siswa SD itu dipulangkan sekitar pukul 10.00 WIB. Namun Dedy meminta para kepala sekolah itu untuk memberitahu para orang tua siswa sebelum mengambil keputusan tersebut.

"Kita meminta ke pihak sekolah agar saat memulangkan siswanya dipastikan terlebih dahulu menghubungi orang tua murid. Ini agar para murid segera dijemput ke sekolah supaya mereka tidak bermain-main," ucap Dedy.




Namun Dedy mengatakan keputusan untuk memulangkan siswa itu dikembalikan pada masing-masing sekolah. Dari dinas sendiri Dedy menyebut tidak ada kebijakan khusus.

"Kalau dirasa kondisi asap dianggap membahayakan kesehatan siswa, ya kita persilakan mengambil keputusan mempersingkat jam belajar. Bila belum mengkhawatirkan, kita sarankan tidak ada aktivitas siswa di luar ruangan," kata Dedy.

Sebelumnya diketahui karhutla tersebut terjadi di Bengkalis, bukan di Dumai. Lokasi kebakaran tersebut sekitar 200 km arah utara dari Kota Pekanbaru.

"Di Dumai tidak ada kebakaran lahan. Kita perkirakan asap kiriman dari wilayah Bengkalis yang saat ini terjadi kebakaran di laham gambut, Kecamatan Bukit Kerikil," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, kepada detikcom.



Tonton video Upacara HUT RI di Lahan yang Menghitam karena Kebakaran Hutan:

[Gambas:Video 20detik]

(cha/dhn)