Direktur Sido Muncul Minat Jadikan Akar Bajakah Jamu

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 28 Agu 2019 09:40 WIB
Foto: Usman Hadi/detikcom
Foto: Usman Hadi/detikcom
Jakarta - Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menyatakan bersedia membantu penelitian lebih lanjut, mengenai khasiat dari akar Bajakah, yang dinilai mampu mengobati penyakit kanker payudara.

Hal itu diungkapkannya pada saat melakukan penandatanganan kerja sama, pengembangan tanaman obat tradisional antara Sido Muncul dengan Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Kekayaan alam Indonesia ini bisa digali dan (berpotensi) bermanfaat bagi orang banyak, untuk itu perlu diteliti lebih jauh melalui uji toksisitas, untuk mengetahui kadar dosis yang tepat," ujar Irwan di Pabrik Sido Muncul Urangan Semarang, Selasa (27/8/2019) kemarin.


Dia menilai, inisiatifnya yang sejalan dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) ini dapat memberikan hasil yang maksimal dalam mengidentifikasi berbagai kandungan di dalamnya, dirinya juga siap memfasilitasi penelitian tersebut.

"Jika ini dikembangkan setiap tahunnya, misal dalam waktu satu bulan dilakukan uji toksisitas sebanyak 50 bahan, dalam waktu 10 tahun kan 500, jadi makin banyak bahan yang teridentifikasi," sebutnya.

Sementara itu, dia mengapresiasi penemu khasiat akar bajakah itu, karena sudah memberi harapan bagai banyak orang khususnya bagi kesembuhan para penderita kanker. Namun, ia menyarankan agar penemuan yang baik itu tidak hanya sebatas uji coba, melainkan dikembangkan sebagai penyegar badan maupun suplemen.

"Kalau ide saya, pertama obat itu di uji toksisitas, dicari dosis yang tepat. Kedua, di daftarin sebagai jamu saja (penyegar badan), ndak usah untuk obat cancer, penyegar badan aja, terus kemudian, digunakan untuk suplemen untuk diminum penderita kanker," jelasnya.


"Ya saya (bantu) produksi, saya malah kepengen setiap perusahaan, universitas itu mengembangkan bajakah ini. Supaya ketemu, nah itu kan kalau ketemu bisa membantu banyak kesembuhan orang," pungkasnya. (mul/ega)