detikNews
2019/08/27 20:01:26 WIB

Round-Up

Kadis Diganti, Pelayanan e-KTP Berhenti

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kadis Diganti, Pelayanan e-KTP Berhenti Foto: Pelantikan Kadiscukcapil Makassar Aryati Puspa (Ibnu/detikcom)
Makassar - Layanan online data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar, Sulsel, offline selama 3 minggu terakhir. Layanan ini ternyata dibekukan karena Pj Wali Kota Makassar mencopot Ariaty Puspasari sebagai Kadis Dukcapil Makassar tanpa sepengetahuan Kemendagri.

Akibat pembekuan sementara ini, layanan berupa pengecekan data, pengurusan akte kelahiran tidak dapat dilakukan. Disdukcapil Makassar hanya bisa melakukan pengecekan data administrasi kependudukan (adminduk) secara manual.

Loket layanan Disdukcapil Makassar, Selasa (27/8/2019)Loket layanan Disdukcapil Makassar offline, Selasa (27/8/2019) Foto: M Taufiqurrahman/detikcom


Usut punya usut, Pembekuan ini adalah buntut pergantian Kepala Dukcapil Ariaty Puspasari oleh Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb tanpa izin Mendagri Tjahjo Kumolo.

"Pejabat Dukcapil diangkat dan diberhentikan oleh Menteri Dalam Negeri. Nah, Pj Wali Kota mengganti Kadis dengan SK nya sendiri, tanpa SK Pak Tjahjo," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (27/8/2019).

Oleh karena pergantian itu, pihak Kemendagri langsung menegur Iqbal pada tanggal 5 Agustus lalu. Zudan menyebut Iqbal melanggar undang-undang Adminduk.

"Bila pejabat tidak sah, semua produknya tidak sah juga," jelas Zudan.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com