Pilkades Serentak di Banten, 808 Personel Polisi Dikerahkan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 27 Agu 2019 19:04 WIB
Pilkades Serentak di Banten, 808 Polisi Dikerahkan (Bahtiar/detikcom)
Serang - Beberapa daerah di Banten, seperti Serang, Lebak, dan Tangerang, akan menggelar pilkades secara serentak. Polda Banten menurunkan 808 personel kepolisian tingkat kecamatan ini untuk mengamankan desa.

Wakapolda Banten Brigjen Tomex Kurniawan mengatakan ujung tombak polisi di tingkat desa ini diminta memahami pengamanan pada pIlkades serentak. Para bhabinkamtimbas dikumpulkan di Mapolda Banten agar bersiap menghadapi pilkades yang dimulai pada akhir Agustus ini.

"Pada setiap tahapan pemilihan yang akan digulirkan, terdapat berbagai kerawanan kamtibmas yang perlu kita antisipasi bersama," kata Tomex di Jl Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Selasa (27/8/2019).



Ia menjelaskan tantangan keamanan di tingkat desa pun akan semakin kompleks. Personel di tingkat desa punya peran strategis dalam menjalankan tugas kepolisian.

Kekuatan personel ujung tombak polisi di desa ini sebanyak 808, yang bertugas di 139 kelurahan dan 1.160 desa. Semuanya tersebar di seluruh wilayah hukum Polda Banten.



Tomex juga mengingatkan peran bhabinkamtibmas untuk bekerja sama dengan babinsa, lurah, atau kepala desa. Keberadaan bhabinkamtibmas, menurutnya, menjadi perwakilan negara untuk memberikan rasa aman di tingkat paling bawah.

"Saudara sebagai penggerak revolusi mental dan tertib sosial di ruang publik serta hindari tindakan kontra produktif yang dapat menyakiti hati masyarakat," tegasnya. (bri/rvk)