detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 18:38 WIB

Tengku Zul Tarik Garis Lurus Beijing-Ibu Kota Baru, Kaesang Colek Jokowi

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Tengku Zul Tarik Garis Lurus Beijing-Ibu Kota Baru, Kaesang Colek Jokowi Foto: dok. Toyota
Jakarta - Pemerintah sudah mengumumkan pemindahan ibu kota baru RI ke sebagian wilayah Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Ustaz Tengku Zulkarnain mencuitkan kritik terhadap pemindahan ibu kota tersebut.

Dilihat di akun Twitter @ustadtengkuzul, ia menyebut pemindahan ibu kota tidak meningkatkan nilai ekonomi bagi negara dan rakyat Indonesia. Tengku Zul juga ikut mengunggah gambar peta yang diberi garis lurus dari Beijing ke Pulau Kalimantan.

Tengku Zul juga menyebut pemindahan ibu kota tersebut membahayakan pertahanan negara. Dia menilai pemindahan itu mempermudah akses rudal China.

"Pindah Ibukota Sama Sekali Tdk Meningkatkan Nilai Ekonomi Apapun bagi Negara dan Rakyat Indonesia. Malah Secara Pertahanan Sangat Mudah Dijangkau China dgn Kapal Perang, Pesawat Tempur, bahkan Rudal China. Lurus dan Terbuka!" tulis Tengku Zul, Selasa (27/8/2019).

Tengku Zul melanjutkan cuitannya tersebut. Dia meminta para ahli intelijen ikut angkat bicara.

"BAHAYA. Para Ahli Intelijen BICARALAH. Jgn Diam Saja...!" kata Tengku Zul.

Cuitan tersebut menuai banyak pro dan kontra dari netizen. Beragam komentar muncul, salah satunya dari anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, yang meneruskan cuitan itu ke ayahnya.

"cc: @jokowi," cuit Kaesang.








Sebelumnya, Jokowi telah resmi mengumumkan Provinsi Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara Indonesia yang baru. Hal itu diumumkan langsung di Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).


(fdu/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com