detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 17:29 WIB

Viral Video Ibadat Warga Didatangi Satpol PP, Ini Penjelasan Pemkab Inhil

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Viral Video Ibadat Warga Didatangi Satpol PP, Ini Penjelasan Pemkab Inhil Ilustrasi (Foto: iStock)
Pekanbaru - Sebuah video viral memperlihatkan ibadat warga di sebuah tenda dibubarkan oleh petugas. Peristiwa itu terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Di video tersebut, awalnya tampak sekelompok warga sedang beribadat dengan dipimpin pendeta, lalu tampak seorang petugas. Petugas itu sempat berbicara dengan pendeta kemudian tiba-tiba dua orang ibu-ibu berteriak minta tolong sambil menarik tangan petugas.

Video itu disebut direkam pada pada Minggu (25/8). Saat dimintai konfirmasi, Sekretaris Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Pemkab Inhil Trio Beni membenarkan peristiwa tersebut terjadi di Kecamatan Kritang, Kabupaten Inhil.

"Itu yang datang Satpol PP Pemkab Inhil. Untuk memperingatkan agar mematuhi aturan yang ada. Karena lokasi tersebut tidak memiliki izin," kata Trio, Selasa (27/8/2019).



Sebelumnya, Pemkab Inhil sudah menyurati kelompok masyarakat tersebut untuk tidak menjadikan rumah sebagai tempat ibadah. Dia menyebut tokoh agama setempat juga sudah duduk bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

"Pendetanya sudah ada kesepakatan bersama di FKUB yang bersepakat bahwa rumah tidak boleh dijadikan tempat ibadah. Dalam rapat tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh agama lainnya," kata Trio.

Meski demikian, menurut Trio, para warga tetap menggelar ibadah dengan mendirikan tenda di perkarangan kosong di sebelah rumah itu. "Alasannya yang dilarang kan di dalam rumah, sehingga mereka membuatnya di luar rumah tersebut," kata Trio.



Trio menegaskan Pemkab Inhil tidak melarang warganya beribadah. Pemkab meminta agar izin tempat ibadah diurus terlebih dahulu.

"Tidak benar, Pemkab Inhil melarang warga beribadah. Pemkab Inhil hanya minta agar tempat ibadah harus terlebih dahulu diurus izinnya. Sekali lagi, tak ada larangan umat beribadah," ujarnya.

Rencananya, Bupati Inhil Wardan akan memberi penjelasan lengkap. Jumpa pers akan diselenggarakan pada Rabu (28/8) besok.
(cha/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com