detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 16:41 WIB

Jokowi Teken Perpres untuk Kejar Wajib Pajak yang 'Ngumpet' di San Marino

Andi Saputra - detikNews
Jokowi Teken Perpres untuk Kejar Wajib Pajak yang Ngumpet di San Marino Presiden Joko Widodo (Jokowi) (BPMI Setpres/Kris)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2019. Perpres itu mengesahkan MoU pertukaran informasi perpajakan dengan negara San Marino, sebuah negara kecil di tengah-tengah Italia.

"Mengesahkan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik San Marino untuk Pertukaran Informasi berkenaan dengan Keperluan Perpajakan yang telah ditandatangani di New York, Amerika Serikat pada 25 September 2013," demikian bunyi Pasal 1 Perpres 54 Tahun 2019 sebagaimana dikutip detikcom, Selasa (27/8/2019).


Jokowi menetapkan perpres tersebut pada 7 Agustus 2019 dan diundangkan oleh Menkumham Yasonna Laoly pada 12 Agustus 2019. Dalam perjanjian itu, pajak yang dimaksud adalah:

1. Di Republik San Marino, yaitu pajak penghasilan pajak secara umum yang dikenakan terhadap perseorangan dan badan hukum dan kepemilikan serta pajak impor.
2. Di Indonesia, pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai.

Tidak hanya untuk kepentingan perpajakan, data itu juga bisa dijadikan dasar untuk pengusutan kasus pidana.

"Informasi tersebut akan dipertukarkan tanpa memperhatikan apakah pihak yang diminta membutuhkan informasi tersebut untuk tujuan perpajakannya sendiri atau perbuatan yang diperiksa akan merupakan tindak pidana menurut hukum pihak yang diminta jika perbuatan tersebut terjadi di wilayah pihak yang diminta," ujar Pasal 5 MoU Indonesia-San Marino.

Pada 2011, Direktur Perpajakan II Ditjen Pajak Syarifuddin Alsjah menyatakan pihaknya sedang mengupayakan untuk melakukan pertukaran informasi dengan 8 wilayah yurisdiksi yang tidak memberlakukan PPh.

"Kami harus bertukar informasi. Untuk negara-negara lain yang belum exchange information, kami sedang upayakan yang dulunya tax haven itu 8 yurisdiksi," ujar Syafruddin pada Maret 2011.


Kedelapan kawasan tersebut adalah Jersey, Isle of Man, Guernsey, Cayman Island, Bahamas, Costa Rica, Bermuda, dan San Marino.

"Itu jangan disebut negara tax haven, tapi yurisdiksi yang tidak menerapkan PPh," tambahnya.

Sekadar diketahui, San Marino merupakan negara terkecil kelima di dunia. Negara itu dikelilingi Italia, yaitu sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna, dan di sebelah selatan Provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.



Tonton Video Jokowi Teken Perpres Mobil Listrik, Anies: Kita Siapkan Semuanya:

[Gambas:Video 20detik]


(asp/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +