Akibat Jalan Rusak, Warga Gowa Ditandu 5 Km Menuju Puskesmas

Akibat Jalan Rusak, Warga Gowa Ditandu 5 Km Menuju Puskesmas

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Selasa, 27 Agu 2019 16:18 WIB
Warga Gowa ditandu ke puskesmas karena jalan rusak. (Amang/detikcom)
Warga Gowa ditandu ke puskesmas karena jalan rusak. (Amang/detikcom)
Gowa - Daeng Geseng, seorang kakek berusia 65 tahun di Dusun Patallassang, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, terpaksa ditandu sejauh 5 kilometer. Dia ditandu ke puskesmas akibat kondisi jalan yang rusak parah sehingga tak bisa dilalui kendaraan, bahkan sepeda motor sekalipun.

Daeng Geseng diketahui mengidap penyakit gangguan pernapasan dan harus mendapatkan perawatan tim medis. Buruknya akses jalan di Dusun Patalassang mengakibatkan Daeng Gesseng harus ditandu dengan jarak sekitar 5 kilometer untuk bisa ke daerah yang bisa diakses mobil, yang jaraknya masih sekitar 10 kilometer dari Puskesmas Tombolo Pao.

Salah seorang warga Desa Tabbinjai, Firdaus, mengatakan kondisi jalan di kampungnya terdiri atas jalan tanah dan bebatuan, yang hanya bisa dilalui sepeda motor saat musim kemarau.


"Sebenarnya warga biasa menggunakan sepeda motor, tapi harus lewat jalur dusun tetangga. Daeng Gesseng terpaksa ditandu karena harus melalui jembatan darurat yang tidak bisa dilalui sepeda motor," ujar Firdaus saat ditemui di Dusun Patallassang, Gowa, Selasa (27/8/2019).

Terkait kesulitan warga mengakses sarana kesehatan dan layanan publik lainnya, Firdaus menyampaikan aspirasi warga Dusun Patalassang agar Pemerintah Kabupaten Gowa membangunkan jalan yang layak untuk dilalui warga Patalassang dan dapat meningkatkan perekonomian warga Tabbinjai yang menggantungkan hidup dari pertanian dan perkebunan.



Tonton Video Kisah Miris di Sulbar, Orang Sakit Ditandu 6 Km karena Jalan Rusak:

[Gambas:Video 20detik]

(mna/rvk)