detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 15:36 WIB

Jokowi Minta Perketat Impor Sampah: Tindak Tegas bagi Pelanggar!

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Minta Perketat Impor Sampah: Tindak Tegas bagi Pelanggar! Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya memperketat aturan impor sampah ke Indonesia. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya memperketat aturan impor sampah ke Indonesia. Jika ditemukan pelanggaran, Jokowi meminta ada tindakan tegas.

"Penegakan aturan dan pengawasan yang ketat, seketat-ketatnya terhadap impor sampah dan limbah yang masuk ke Indonesia dan juga dilakukan langkah-langkah tegas, yang harus dilakukan ketika menemukan pelanggaran di lapangan," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas membahas impor sampah dan limbah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019).


Jokowi menyebut adanya peningkatan impor sampah dan limbah. Buruknya lagi, sampah yang masuk ke Indonesia berpotensi merusak lingkungan.

Jika ditemukan pelanggaran, Jokowi meminta adanya tindakan tegas.Jika ditemukan pelanggaran, Jokowi meminta ada tindakan tegas. (Andhika Prasetia/detikcom)

"Di sisi lain banyaknya sampah dan limbah yang masuk ke Indonesia kan berpotensi merusak lingkungan jika sampah dan limbah itu tidak dapat didaur ulang dan lebih bahayanya lagi terkontaminasi dengan bahan berbahaya beracun atau B3 yang berbahaya bagi masyarakat," tutur Jokowi.


Jokowi meminta jajarannya mengoptimalkan potensi sampah dalam negeri untuk kebutuhan industri. Oleh sebab itu, Jokowi memerintahkan langkah-langkah pengendalian sampah B3.

"Oleh karena itu, langkah-langkah pengendalian harus dilakukan yang pertama kita harus maksimalkan potensi sampah yang ada di dalam negeri terlebih dahulu untuk kebutuhan industri kita," ujar Jokowi.



Patut Ditiru! Begini Caranya Kurangi Sampah Kain:

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com