detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 15:15 WIB

DPRD DKI Bahas Pemilihan Wagub Usai Pimpinan Baru Ditetapkan

Dwi Andayani - detikNews
DPRD DKI Bahas Pemilihan Wagub Usai Pimpinan Baru Ditetapkan Ilustrasi anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 belum melakukan pembahasan terkait pemilihan Wakil Gubernur (Wagub). DPRD mengatakan pembahasan dilalukan setelah adanya pimpinan baru atau tetap.

"Ya itu pimpinan baru, yang sementara kan belum nyampai ke situ," ujar Ketua DPRD DKI Jakarta sementara F-PDIP Pantas Nainggolan di gedung DPRD DKI, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).
Pantas mengatakan, dirinya dan pemimpin sementara DPRD DKI tidak berwenang mengambil keputusan. Menurutnya, keputusan hanya dapat diambil oleh pimpinan definitif atau tetap.

"Keputusan strategis itu hanya bisa diambil pimpinan definitif, kami nggak berwenang," ujar Pantas.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada DPRD periode 2019-2024 yang baru dilantik untuk memprioritaskan pemilihan wagub. Dia mengaku tak ingin terus-terusan sendiri dalam menjalankan tugas memimpin Jakarta.
"Jadi persis setahun sesudah ini (Sandiaga mundur), DPRD bertugas ya? Saya berharap mudah-mudahan nanti dewan memasukkan agenda pemilihan wakil gubernur sebagai salah satu agenda awal di masa tugasnya," ucap Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Proses pemilihan Wagub DKI di DPRD sendiri saat ini sudah setengah jalan. Dua nama calon dari PKS, yaitu Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu sudah diserahkan.

"Karena nama-nama, dua sudah disampaikan kepada dewan. Sekarang kita tunggu dewan memprosesnya, lebih cepat lebih baik," ujarnya.



Setahun Ditinggal Sandi, Anies Berharap Nggak Single Lagi:

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com