Pansel KPK

Capim KPK Cahyo Ingin Penyidik Solid Tanpa Bayang-bayang Institusi Asal

Faiq Hidayat - detikNews
Selasa, 27 Agu 2019 14:38 WIB
Capim KPK Cahyo RE Wibowo dalam wawancara dan uji publik Pansel KPK, Selasa (27/8/2019). (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Capim KPK Cahyo RE Wibowo menyebut dugaan 'persaingan' penyidik KPK dalam menyelesaikan perkara korupsi. Karena itu, Cahyo ingin memperbaiki internal jika terpilih menjadi pimpinan KPK.

"Persaingan penyidik untuk menyelesaikan kasus dan ada keterkaitan penyidik-penyidik yang ditempatkan di institusi lain," kata Cahyo saat tes wawancara dan uji publik di gedung Setneg, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

Cahyo, yang bekerja sebagai karyawan BUMN, mengatakan penyidik dari kalangan internal dan eksternal KPK harus solid dan memiliki komitmen sama dalam pemberantasan korupsi. Dia menyarankan agar penyidik eksternal keluar dari institusi yang ditempatinya, sehingga independen.


"Caranya dengan penyidik internal lebih banyak dan semua di tempat di situ penyidik eksternal harus punya komitmen harus keluar dari institusi yang lama," kata Cahyo.

Selain itu, Cahyo mengatakan, fungsi penindakan dan pencegahan KPK harus bisa dimaksimalkan. Jika hanya berfokus pada penindakan, pencegahan tidak akan maksimal.

"Artinya, dalam setiap OTT, harus diikuti dengan proses perbaikan sistem pengendali internal. Koordinasi supervisi pencegahan walaupun sudah ada tapi masih bisa dimaksimalkan karena kalau hanya dengan penindakan saja tidak akan selesai," tutur dia.



Tonton video Rekam Jejak Capim KPK Banyak yang Buruk:

[Gambas:Video 20detik]

(fai/fdn)