Puasa 1 Muharram dan Niatnya untuk Sambut Tahun Baru Islam

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 27 Agu 2019 12:00 WIB
Puasa 1 Muharram dan Niatnya untuk Sambut Tahun Baru Islam/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Sebentar lagi umat Muslim akan merayakan tahun baru Islam 1441 Hijriyah yang jatuh pada 1 Muharram. Memperingati itu, umat Muslim dianjurkan untuk puasa 1 Muharram.

Puasa guna memperingati 1 Muharram sendiri hukumnya sunnah muthlaq. Hal ini berdasarkan Hadist Riwayat Muslim nomor 1163 yang berbunyi:

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah yakni Muharram. Sementara salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam."



Nah, berapa hari puasa yang mesti dilakukan untuk memperingati 1 Muharram? Yuk simak penjelasannya:

1. Puasa Asyura

Puasa memperingati 1 Muharram dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram. Ada banyak keutamaan yang bisa diperoleh dari menjalankan puasa, seperti menghapus dosa.

Berdasarkan Hadist Riwayat Muslim nomor 1162 "Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafa? Beliau menjawab, "Puasa Arafa akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa 'Asyura? Beliau menjawab, "Puasa 'Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu."

Adapun, niat puasa Asyura sebagai berikut:

Arab: َوَيْتُ صَوْمَ عَشُرَ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu sauma asyuro sunnatal lillahita'ala

Artinya: Saya niat puasa hari Asyura, sunnah karena Allah ta'ala

2. Puasa Tasu'ah

Sebelum melaksanakan puasa Asyura sebagai peringatan 1 Muharram, umat Muslim dianjurkan melakukan puasa Tasu'ah, yakni pada tanggal 9 Muharram. Puasa ini dilakukan untuk menyelisihi orang Yahudi yang berpuasa pada tanggal 10 Muharram.

Adapun, niat puasa Tasu'ah sebagai berikut:

Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu sauma tasu'a sunnatal lillahita'ala

Artinya: Saya niat puasa hari tasu'a, sunnah karena Allah ta'ala



Sementara itu, selain berpuasa guna memeriahkan perayaan 1 Muharram Pemprov DKI Jakarta dan Transmedia juga menggelar Jakarta Muharram Festival. Acara ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 31 Agustus 2019.

Pagelaran 1 Muharram tersebut, turut dimeriahkan oleh artis-artis Tanah Air, seperti Kotak, Opick, Pasha, Wali, Bimbo, Fatin, dan masih banyak lagi. Saksikan Jakarta Muharram Festival live di Trans TV mulai 20.00 dan live streaming di detikcom pukul 17.00 WIB. (pay/lus)