Round-Up

Rektor Asing Resmi Masuk Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Agu 2019 20:30 WIB
Menristekdikti M Nasir dan Jang Youn Cho (Foto: Aditya Mardyastuti/detikcom)


Nasir menjelaskan, upayanya menggandeng Jang Youn Cho bukan untuk menjajah bangsa sendiri seperti yang dikhawatirkan sejumlah pihak yang menolak impor rektor asing. Dia menegaskan, kehadiran rektor asing ke Indonesia guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Wacana impor rektor asing ini memang sebelumnya telah disampaikan Nasir beberapa waktu lalu. Wacana itu kemudian mendapat penolakan dari beberapa pihak termasuk dari sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

"Harapan saya mereka bisa berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas, jadi bukan kita berpikir penjajahan. Nggak ada di dunia perguruan tinggi manapun, semua perguruan tinggi di dunia berkolaborasi," tutur Nasir.



Nasir pun menaruh harapan kepada Jang Youn Cho. Dia berharap Jang Youn Cho bisa meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Universtias Siber Asia dan memacu perguruan tinggi lainnya.

"Meningkatkan APK, mutu menjadi baik dan daya saingnya di tingkat internasional. Harapan saya karena ini Asia, harapan saya mahasiswanya tidak hanya dari Indonesia dan ini ada permintaan bisa dari Asia Tenggara sendiri, Asia Barat, maupun di Afrika, ini ada permintaan, mudah-mudahan ini bisa jalan," harapnya.
(mae/jbr)